Ke Dieng, yuk!


Selamat Malam Yogyakarta!

Hari-hari ย terakhir, yuk ke Dieng ๐Ÿ˜Ž

Masih bersama varput sebagai kuda beban ๐Ÿ˜ˆ

Berangkat dari jogja jam 08.00 pagi, bersama nyonya sebagai tukang poto :mrgreen: .
Dan senangnya perbekalan sudah disiapkan, nasi putih beserta sambal teri, untuk makan siang. Makasih nyah! ๐Ÿ˜ˆ

Telaga warna, cakep ya ๐Ÿ™‚

Varput-pun bergerak perlahan dari sisi barat kota jogja melalui rute jogja-magelang-secang-temanggung-wonosobo-dieng.
Sebelumnya kasih sarapan varput, ย premium full tank ๐Ÿ˜ˆ

Jogja-magelang-secang ga ada kendala, cuma beberapa kali bottom rest (istirahat fantad), kayaknya salah pilih celana. Harusnya pake jeans yang rada lemes, lah ini terlalu kaku oom :oops:. Sungguh menyiksa :mrgreen:
Jalanan mulus-mulus aja, di dominasi jalanan lurus. Bikin ngantuk ๐Ÿ˜Ž

Nah, ini dia.
Rute temanggung-wonosobo-dieng, baru kerasa serunya.
Jalanan mulai bervariasi, naik-turun, tikungan, gundukan, menyenangkan :mrgreen:
Masuk temanggung, jalanannya adem. Banyak pohon gede dikanan-kiri jalan, pohon gede kok ga pada tumbang yak :shock:.

Sempat mampir minimarket buat beli aer, sama beberapa makanan kecil ๐Ÿ˜‰

Setelah membelah temanggung, sampai di sebuah pasar oom. Pasarnya bukan pasar sembarangan, disini banyak dijumpai dokar.
Arus lalu-lintas agak tersendat karena si komo lewat jalanan sempit+banyak dokar berkecepatan lambat :sad:.
Ga cuma dapet macetnya, tapi juga dapet polusinya, kotoran kuda oom, kalo ga ati-ati bisa ke injek ๐Ÿ˜ณ :mrgreen:.

Masuk wonosobo
Makan siang dolo oom, ga bingung cari tempat makan.
Wong udah disiapin nyonyah. :mrgeen:
Kebetulan lewat alun-alun wonosobo, keliatan adem+sejuk. Cocok buat makan siang.
Cari tempat nyaman (dibawah pohon gede), parkirin varput dipinggir jalan. Dan wooooow, disini ga ada tukang parkirnya, ga kayak di jogja. Sedikit-sedikit tukang parkir :twisted:, jadi inget postingan yang ini.

Alun-alunnya cakep oom, banyak pohon gede disekelilingnya. Ga hanya itu, di beberapa sudut didirikan semacam joglo, enak buat ngadem. Dan kalo hujan-pun bisa buat beteduh :wink:.
Kayak alun-alun Jogja, disini juga ada persewaan sepeda.

Dan lapak-pun perbekalanpun digelar (padahal ga bawa tiker :mrgreen: ).
Terdiri dari nasi putih dan sambal teri.
Hmm… emang enak ato ga ada pilihan lain, akhirnya perbekalanpun tandaaaas ๐Ÿ˜ˆ
Sambil nunggu sambel terinya turun, tanya ke warga setempat :cool:. Untungnnya kita masih berjalan ke arah yang benar ๐Ÿ˜Ž

“jadi ntar masnya lurus-lurus aja, udah deket kok. tinggal ngikutin petunjuk jalan”, gitu katanya si bapak.

Oke, varput kembali bergerak perlahan menuju dieng, dengan arahan si bapak tadi.

FYI, dekat itu relatif ya.

Tak kira tinggal 10-15 km, ternyata masih 50an km.
Singo!!!

Wonosobo-Dieng, aspalnya ho-oh banget :wink:.
Trek nyaman buat nikung :), nikungnya ga sendiri oom, tapi barengan sama bus-truk setempat. Selain itu jalanan juga sempit :shock:, rasakan sensasinya :mrgreen:

Tapi nikungnya cuma bentar oom :sad:, disini banyak tanjakan+truk bermuatan penuh.
Tau sendiri toh, tanjakan sama truk merupakan paduan sempurna untuk menghasilkan kemacetan maha panjang :mrgeen:

Sempurna! ๐Ÿ˜ˆ

Sempet ketemu oom-oom dari jogja yang bawa keluarganya ๐Ÿ™‚
Ketemu rider tiger juga, plat B sama cewenya, sempet saling sapa walopun ga kenal ๐Ÿ˜†

Dan masuklah ke kawasan dataran tinggi Dieng, hmm ga sedingin yang saya bayangkan ๐Ÿ˜ฆ
Tapi cakep oom, rumah-rumah penduduk relatif berdekatan. Mungkin biar anget :mrgreen: . Catnya warna-warni pula ๐Ÿ˜†

Sebelumnya ngibadah di mesjid terdekat ๐Ÿ˜‰

Langsung lanjut ke kawasan wisata dieng, kali ini saya ambil tiket terusan seharga Rp. 20.000 untuk 4 objek.
Telaga warna & Telaga pengilon-dieng theatre-kawah sikidang-candi arjuna.

1. Telaga warna+telaga pangilon
Bersih sejuk, indah, bau belerang mulai terasa.
Cuma bayar parkir, karena pake tiket terusan ๐Ÿ˜‰

2. Dieng theater
Ber-AC tapi ga dingin, lumayan wangi, tayangannya bagus ๐Ÿ™‚ , bagian lobi kumuh ๐Ÿ˜ฆ
Ga bayar parkir, wong cuma deketan sama telaga warna.


Sempet tanya mbaknya yang jaga, tanya arah ke tempat yang viewnya bagus untuk liat telaga warna, dan ternyata harus didampingi pemandu setempat :sad:. Mungkin lain kali ๐Ÿ˜ˆ
Sempet jajan kentang super asli dieng :lol:, enyak juga. Hehe..
5 rebuan aja oom ๐Ÿ˜‰

3. Kawah Sikidang
Lebih rame daripada telaga warna, fasilitasnya-pun lebih lengkap. Ada gardu pandang untuk liat kawah dari kejauhan ๐Ÿ˜‰
Jalanan berbatu, cocok buat test bootsku.
Oh iya, nyonyah juga pake boots loh.

Sangar ๐Ÿ˜ˆ

Lumayan juga jarak kawah sama parkiran, ada tuh 1 km. Banyak krikil oom, ati-ati kepleset ๐Ÿ˜ณ (3x hampir ndlosor ๐Ÿ˜† )

Sampe di mulut kawah, woow.
Kayak kuali yang dipake penyihir (jiaaaaah ๐Ÿ˜ ), sayangnya kotor.
Kok ya tega, kawah dicemplungin sampah ๐Ÿ˜ก , gimana yang bersihin coba ๐Ÿ˜ก

Ada juga jasa poto naik trail, disekitaran kawah sikidang. Trailnya udah disediain, tinggal mejeng aja ๐Ÿ˜†
Boleh juga kretifitasnya ๐Ÿ˜Ž

Harusnya bisa mampir ke candi arjuna, tapi karena ngejar waktu (dan capek juga), ya sudah liatnya sambil lewat aja. Haha ๐Ÿ™‚
Tak kira juga ga ada yang spesial, dari pinggir jalan keliatan kok ๐Ÿ˜Ž

Dan akhirnya keluar dari kawasan dataran tinggi dieng.
Ke dieng, kalo mau puas, paling ga nginep semaleman oom.
Disiniย  banyak tersedia home stay kok ๐Ÿ˜‰
Tarifnya ga ngerti, wong kemaren cuma 1 day trip, ga pake nginap :mrgreen:

Skip..

Sampe sekitaran alun-alun wonosobo, inget sama mie ongklok postingan oom maticloover.
Ada yang legendaris loh (nyahahah ๐Ÿ˜† )

Disekitaran alun-alun wonosobo terus kearah dieng, +- 800 meter ada lampu merah, belok ke kanan, jalan pelan-pelan ntar ada warung mie ongklok dikanan jalan.
Inget oom, jalannya pelan-pelan aja, kemaren saya sempet kebablasan tuh. Mana jalan searah pula ๐Ÿ˜ฆ
Pesen 2 porsi mie ongklok, sama 10 tusuk sate sapi ๐Ÿ˜›

Mie ongklok, liat tampilan luarnya ga meyakinkan ๐Ÿ˜
Semacam mie ayam dicampur kuah kental berwarna coklat ๐Ÿ˜•
Eeeh, ntar dulu..
Jangan liat mie dari kuahnya :mrgreen:
Haha, citarasanya unik oom. Mienya kenyel, dipadukan dengan kuah kental (sepertinya ada campuran ebi didalamnya) gurih-nikmat-kental, sama potongan daging ayam, dan beberapa lembar (jiaaah ๐Ÿ˜† ) daun bawang.

Saya wajibkan untuk pesan sate sapi oom, walopun sebenernya cuma tambahan.
Citarasa kuah kentalnya lebih terasa kalo ditambah sate sapi berbumbu kacang.

Dimulut, kenyalnya mie ongklok seolah-olah bersinergi dengan keempukan sate sapi dan sedapnya kuah kental berwarna kecoklatan. Sesendok mie ongklok paling pas dimakan sama 2 potong sate sapi, wowww, lidah ini sedang dimanjakan :menggelinjang:

Pastikan kuahnya tak bersisa !

Mie ongklok cabang Jogja ada yang tau!?
Kalo tau, tolong diinfokan ๐Ÿ˜‰

Perjalanan ke Jogja, lewat jalan pintas!

Untuk potong waktu tempuh (berangkatnya 6 jam lo, hihi), lewat jalan pintas oom ๐Ÿ˜Ž
Lewat jalanan sempit dan gelap, cuma nyala dual keen eyes 2×35 watt yang menemani perjalanan pulang. Ga ada barengan, dari arah berlawananpun ga ada tanda kehidupan.

Jalanan isinya tanjakan-turunan ekstrim (untung varput masih kuat ๐Ÿ˜† ), sama sekali ga ada penerangan jalan dibeberapa titik. Sepanjang jalan sepi-sunyi-sendiri, saya dan nyonyah kompakan membisu.
Kalo saya sih komat-kamit baca mantra doa, berharap perjalanan pulang berjalan lancar.
Dan, doa saya dikabulkan ๐Ÿ˜‰

Ada konvoi oom, dan untungnya boleh ngikut.
Formasinya:
1 truk di depan (ngebuka jalan, pake lampu super terangnya ๐Ÿ™‚ )
2 motor ditengah, ternyata plat AB juga. Dapet temen seperjalanan.
1 avanza di belakang (ngasih lampu, jadi enak milih jalan). Plat AB juga dia, seneng rasanya ada yang dari satu daerah.
Salut sama si oom yang bawa avanza, walopun ada kesempatan untuk overtake tapi dia ga ambil. Ngerti aja kalo butuh penerangan.

Setelah lepas jalan pintas, ngasih jempol sama oom-oom yang bawa avanza. Ga lupa kasih klakson pendek tanda terimakasih buat si oom yang bawa truk.

Varput melaju diatas 60 kpj, menembus jalan antar kota magelang-jogja.

Perjalanan cuma makan waktu 2 jam :mrgreen:
Balikin nyonyah, terus tepaaaaaar ๐Ÿ˜Ž

Trip to Dieng ala si Oom!
BBM, pulang pergi ย  Rp. 35.000
Tiket ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย Rp. 40.000
Cemilan+minum ย  ย  ย Rp. ย  ย 5.000
Kentang super ย  ย  ย  ย  ย  Rp. 10.000
Mie ongklok ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย Rp. 23.000
Parkir ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย Rp. ย  ย 6.000
Oleh-oleh ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย  Rp. 32.000
Pengeluaran diatas di bagi dua, seorang cuma menghabiskan Rp. 75.500,-
Tamasya ga harus mahal toh ๐Ÿ˜‰

Semoga berguna ๐Ÿ˜ˆ

51 respons untuk โ€˜Ke Dieng, yuk!โ€™

  1. kak kepo ya ๐Ÿ˜€ kira2 brp jam dr jogja sampe dieng? trs bnyak penunjuk arahnya g d jalan? dan jalan yg kira2 bahaya n perlu waspada daerah mana kak? soalnya mau ke sana ๐Ÿ˜€

    1. sekitar 5 jam perjalanan santai dan tidak macet, arah petunjuk jalan cukup banyak kok, daerah yang berbahaya mayoritas karena tanjakan curam dan tikungan tajam.

      wilayah yang perlu diwaspadai itu setelah gapura selamat datang dieng, selain ada tanjakan dan tikungan. juga ditemui longsoran dibeberapa titik.

      hati-hati dijalan ๐Ÿ˜Ž

  2. Wah, pas nih rencana mau ke sana juga naik motor… Butuh info juga.
    Dari Jogja berapa jam? 6? Jauh ya….
    Mi ongklok cabang jogja ada di purwomartani daerah kalasan. Lupa tapi aku… Hehhee…

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s