Met! Selamet!
Selamet Siang Indonesia!
Berawal dari kekecewaan saya, enggak menemukan caranya di Google. Khususnya Bahasa Indonesia 😦
Kemarin sewaktu rekondisi kijang diesel, rem belakang lupa ga di cek. Katanya temen-temen kampas rem belakang itu sangat-sangat-sangat awet, emh.. Ga percaya gitu aja, saya harus buktikan sendiri.
Ya itu tadi, pertamanya buka google -ga ada-
Lalu buka Youtube -ada- tapi bahasa English
Ada dua cara nih, yang gampang (dan sadis) di ketok-ketok pake palu sampai geser drumnya 😯 . Saya suka cara kedua, pakai baut ukuran 12, ga merusak. Ini baut ukuran kijang kapsul yak. Merek dan tipe mobil lain ukurannya bisa bervariasi, biasanya sih baut diangka 10-12 😛
Ga pake lama ya dipraktekkan.
Disitu ada kunci pas roda di paling kiri, selanjutnya ada senter, ada dongkrak bawaan (bisa ditemukan dibawah kursi penumpang depan), cairan pelumas ( ), dua buah baut ukuran 12, kunci nomor 12 (toolkit standar vario tuaku itu), daaan sapu mini nan imut (hasss! 😈 )
Situ lepas ban belakangnya dulu om, setelah lepas cari lubang untuk trekker pembuka rem tromol/drum brake:
Nah, baut ukuran 12 tadi dimasukkan ke kedua lubang itu.
Inget yak!
Satu lubang satu baut 😈
Itu bautnya di putar se arah jarum jam, supaya rem tromol/drum brake terangkat dan mudah dilepas 😉
Kedua baut diputer selaras, jangan yang kanan tok yang diputer. Bisa kalah bautmu 😉 Ganti-gantian, antara baut kanan dan kiri.
Hingga suatu ketika, drumnya terangkat!
Dari sini tenagamu lebih berperan om, bautnya dilepas saja, lalu drumnya di goyang-goyang supaya terlepas 😛
Untuk yang jarang dicek, biasanya agak macet. Gak usah panik, goyang-goyang terus. Ntar copot juga kok 😉
Klank!
Lepas juga, fuh-fuh. Bersihkan saja drumnya, pakai gombal (ih kamu gombal.. PLAK! 😈 ) beri sedikit air supaya debu-debu gampang diangkat.
digombalin dulu, supaya dia bertekuk lutut! 😈
Sudah!?
Lanjut ke kampas rem/sepatu remnya.
Bersihkan pakai sapu kecil itu, rontok itu debu-debu jalanan!
Oh iya, tadi cairan pelumasnya disemprotkan ke bagian-bagian yang sering bergerak, hati-hati jangan kena kampas remnya 😉
Cek juga kebocoran oli, sapa tau seal karet di master rem bermasalah 😛
Udah gitu aja 😆
Pasangnya tinggal dipaskan ke drat roda, kencangkan roda, cek remnya sambil jalan sekilo-dua kilometer 😎
Oh iya, tindakan (wuih 😆 ) seperti ini kalau dikerjakan bengkel ongkosnya dua puluh ribu satu ban loh.
Hematnya.. Mantabh! (masih pake BH om 😆 )
Sek-sek, satu lagi oom, mengenai gejala kampas rem mobil habis..
Kalo rem depanmu cakram, biasanya ada suara besi ketemu besi (sring-sring-sring). Kalo rem tromol, ga ada cara lain selain buka tromolnya untuk di cek secara visual. Kecuali di beberapa merek mobil premium semacam Puegeot dan BMW, disana ada sensor (berupa lempengan logam yang tertanam di sepatu rem-kampas rem) yang ngasih peringatan di dashboard kalau sudah waktunya diganti 😎
gimana cara buka drum tromol panther tourung
cara buka drum tromol belakang panther touring ya mohon info
Matur suwun nggih Om…
kalo drum brakenya dah tipis cara benerinnya gimana om
kudu ganti tromol/rumah rem om, atau diakali dengan tambah daging ke tukang bubut
Makasih infonya iya bener di google gak ada
trimaksih banyak dah berbagi ilmu di sini om..
awalnya mau bongkar sendiri ada rasa ATUT gak bisa balikin sprt semula..tp setelah baca keterangan yg mudah di pahami jadi gak atut lagi
Lanjut om,senang bisa berguna
Bersihinnya gampang, tinggal digombalin aj y om…hihihi
Sambil disikat pak!
Kalo kampas rem nyah lepas dari besi kampas saya mau akalin dan saya mau lem dan saya mau taya lem yg kuat pake apah nyah ? Tolon info nyah gan
Saya sih ga rekomendasi om kalau di lem, rata-rata ndak tahan lama dan lepas lagi
Bagus Om, saya baru tahu fungsi bolongan yg ga ada lubang didalamnya, hahaha…
😈 jian!!!
makasih banyak info manfaatnya……………..salam Save Trowulan
sama-sama pak win, salam kenal yak
info manfaat, makasih banyak om,,,,,,,,,,
satu lubang satu baut 😆
jangan satu lobang rame-rame oom 😉
wauw hebat
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
yang tertarik mobil/motor kenceng, boleh mulai melirik ethanol sebagai bahan bakar kompresi tinggi.
ijin nitip lapak ane yang sederhana
http://motogokil.wordpress.com/2013/03/15/mulai-memikirkan-ethanol-sebagai-bahan-bakar-mesin-motor-kita/
yang kentjank, mari..
hmm…ngunuuu…
ho oh
Orang pintar…*
hemat ebeb 😎
sekalian dicuci pake air sabun..
bagi yang tromolnya dah ngantong harus kendorin setelannya dulu;-
aiir sabun!? bukannya bikin karat ngumpul om?
mobil eropa canggih juga sampe ada sensor di drum brake
betul Om sebanding harga dan biaya perawatan 😈
kunci honda, xixixixixiixiixixixiixx 😀
serba bisa Om 😆