Perawatan Kijang Diesel!


Selamat Sore Indonesia!

Kali ini membahas cumi-cumi penyedot solar subsidi, berperut gendut: dua setengah liter, dan berkapasitas penumpang delapan orang dewasa :mrgreen:

ed4Merawat kendaraan Diesel memang lebih sederhana dan murah. Cukup ganti oli dan trio filter saja secara berkala. Filternya ada tiga, filter oli-filter solar-filter udara. Oh ralat, filter udara cukup dibersihkan saja. Kecuali memang sobek dan kotornya keterlaluan. Gak perlu ritual ganti busi dan stel klep rutin, karena dia pakai shim (semacam koin kecil, serupa Suzuki Satria FU), umurnya sangat panjang.

Torsi nikmat di RPM rendah, cukup dua ribu limaratus RPM saja torsi puncaknya. Kalau ngopernya pas, haluanmu manggut-manggut ala-ala Muscle Cars bermesin V8  😈

Perawatan rutin meliputi:

  1. Ganti oli tiap 5ribu km, Meditran SX 4 liter (Pertamina).
  2. Ganti filter oli tiap 10ribu km. Ganti oli pakai 5 liter karena oli di filter oli ikut terbuang.
  3. Ganti filter solar tiap 15ribu km. Bisa pakai merek Sakura atau OEM Panther, kalau asli Toyota langka dan mahal.
  4. Pembersihan filter udara tiap 10ribu km saja.
  5. Ganti oli gardan tiap 20ribu km.

Jangan telat ganti filter solar, dampaknya ke akselerasi dan kesehatan mesinmu lho. Asep cumi juga makin tebel. Mesin Diesel itu murah dan bandel asal dirawat, tapi kalau rusak dompetmu taruhannya. Setidaknya sediakan enam juta rupiah untuk turun mesin.

Jangan main di RPM atas om (kebiasaan mesin bensin), putaran diesel maksimal di tigaribu RPM harus oper gigi 😉

Iklan

42 thoughts on “Perawatan Kijang Diesel!

  1. om, kalo udah ganti oli + duo filter (oli, solar) + pembersihan filter udara, perlu nggak ditambahin aditif solar (injector cleaner diesel) ?

  2. Om gasat mau nanya.
    Kijang saya lsx up 97 diesel. Mt
    Kijang saya saat idle kadang ada suara garing klink2 dari gardan.
    Dan kadang saat jalan konstan 20-40 km gigi 2 – 4 suka bunyi nya sreng sreng sreng . Saya buka kaca suaranya berasal dr gardan juga.
    Mohon pencerahannya . Estimasi biaya perbaikannya berapa makasihh .

  3. Om punya saya lgx diesel 2000. Nah busi pemanasnya itu sama bengkel dikasih saklar manual klo hidupon pagi hari, katanya otomatis timernya rusak harganya mahal. Apakah ada cara lain mengakalinya selain manual pake saklar?? Matur nuwun..

  4. selamat sore om…. mau tanya kalau kijang kapsul diesel saya (2002) sudah 150 ribu km, kira2 apa saja yg harus mulai di cek atau ganti? Kebetulan, saya baru saja ganti filter solar sekalian dengan beberapa parts nya (tapi katanya si bengkel tidak perlu kalibrasi karena masih bagus). Mesin jadi enteng kembali dan solar semakin irit. Namun, penyakit pagi “sudah hidup” masih terjadi. Barangkali bisa dapat pencerahan dari om…

    Terima kasih sekali ya om.

  5. mobil saya kijang diesel 1999, koq pendapat ttg volume oli bermacam2 ya?…kalau menurut toyota, ganti oli+filter diisi 4,9 liter, ganti oli tanpa filter diisi 4 liter…eeh menurut bengkel ganti oli+filter diisi 5 liter, ganti oli tanpa filter diisi 4,5 liter,,,kalo menurut om gasat ganti oli+filter diisi 5 liter, ganti oli tanpa filter diisi 4 liter…saya pernah ganti di auto 2000, waktu ganti filter beli oli 6 liter, dipake 5,3 liter……yg mana nih yang benar…menurut om gasat perbedaan ganti oli pake filter dan tdk pake filter beda 1 liter…jadi 1 liter ada di filternya ya?…soalnya oli diatas garis F kan nggak bagus ya…mendingan dibawah batas f sedikit…..trims

  6. om mo tnya..brp takaran oli mesin mobil kijang diesel n gmn dampak ato efeknya klo kelebihan oli mesinya.thanks

    1. ganti filter oli kapasitasnya 5 liter, tanpa ganti filter cukup 4 liter saja. kalau kelebihan volume oli ya tarikan jadi berat dan boros bbm

  7. Salam kenal OOM, sy dwi..mo nanya ..apakah kijang diesel lebih murah perawatanya dibanding kijang bensin? dan apakah kelebihan dan kekurangannya…? terimakasih oom..

    1. kalau mesin sama-sama sehat lebih murah diesel. tapi ketika harus servis besar (turun mesin) biaya perbaikan mesin diesel lebih mahal sampai 2-3x lipat.

  8. salam kenal saya Atak mau nanya om..kira-kira apa yang rusak kalau kijang diesel saya ada suara melengking keras pada saat rpm di pijak…tapi kalau posisi mesin idle normal2 saja…kira2 berapa estimasi perbaikan ? trus perbiakannya turun mesin ngak?

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s