Tiga suku cadang termahal Vario yang pernah saya ganti!


Selamat Malam Indonesia!

Ga sedikit yang kaget, kaget akan postingan saya yang bertubi-tubi dewasa ini (:mrgreen: ).
Mood sedang baik nih, yuk mari dinikmati😉

Pastinya masih ingat sama kuda beban kesayangan, pengganti Honda Supra X yang dulunya sering dipakai buat seruduk truk itu😎. Iya, si Vario tuaku itu, varput.

Menginjak ke acara yang selanjutnya kilometernya yang ke tujuhpuluhribu delapanratus, setara dengan enam tahun mengabdi vario tua ini telah mengalami penggantian berbagai suku cadang yang cukup menguras kegantengan saya (kegantengan saya berbanding lurus dengan isi dompet:mrgreen:😆😈 ).

Berikut ini saya jabarkan ketiga suku cadang Honda Vario yang saya maksud itu (versi Om Gasat)-(based on true story)😉 :

  1. Kanvas kopling/kampas kopling gandaSuku cadang ini menduduki peringkat pertama, dengan harga beli duaratus limapuluh delapanribu rupiah pada saat itu, sekarang naik jadi duaratus tujuhpuluhribu rupiah, wuih😯 (sumber). Harus pesan/inden dahulu :twisted:Indikasi aus:
    Jalanan nanjak, selongsong gas diputer penuh eh larinya kayak keong. Akselerasi memble, bikin BBM boros._MG_4587
  2. Bantalan bola (BEARING RADIAL BALL, gitu istilah teknisnya :cool:)Suku cadang ini terletak diporos roda belakang, tepat dibelakang tutup cvtmu. Bantalan bola menobang puli belakang supaya baik jalannya. Aus dikarenakan masa pakai dan pemakain kampas kopling ganda tipe balap/racing. Dijual seharga seratus ribu rupah (sumber). Cukup mahal untuk suku cadang sekecil ini :sad:Indikasi aus:Muncul suara “kretek-kretek-kretek” dibagian cvt belakang, suara terdengar nyaring ketika akselerasi konstan di angka duapuluh sampai tigapuluh kilometer per jam. Kalau dibiarkan, merembet ke puli belakang karena perputaran enggak tertopang sempurna._MG_4573
  3. V belt/timing belt (secara teknis, BELT DRIVE)
    Sebenarnya ini suku cadang fast moving, tergolong yang rutin diganti setiap duapuluh empatribu kilometer😉 . Setidaknya diganti setiap dua tahun, ia menempati urutan terakhir, ga perlu inden/pesan. Pengganti mahar sebesar seratus duapuluhlima ribu rupiah (sumber).
    Saya biasa ganti sekalian rollernya, walaupun rekomendasinya dua kali ganti belt sekali ganti roller.Indikasi aus: akselerasi kurang “menggigit”, dikecepatan tinggi ada penurunan kecepatan (walaupun ga signifikan😎 )Pinjem gambar kaskus.co.id, v belt bekasku hilang entah dimana😆
    vbelt

Kalo ketiganya diganti bareng, bisa ditukar satu gram emas duapuluh empat karat😉

Semoga tulisan ini digunakan untuk kebaikan😈

Untuk sebagian manusia, enggak menguntungkan lagi pelihara ini ternak. Jajan ini-itu menguras tenaga dan pikiran..
Jual, ganti yang berfitur injeksi-lebih kentjank-lebih ganteng-enggak dipusingkan ganti ini itu (biasanya harus inden dulu)..

Bagiku, ini mantabh!
Bisa mempertahankannya, enam tahun! SAYA PRIA SETIA DONG AH:mrgreen:

Udah, selesai..
Daaadah😎

105 thoughts on “Tiga suku cadang termahal Vario yang pernah saya ganti!

  1. rasanya baru kemarin saya ganti kanvas cakram depan, harganya masih dibawah 30.000an, barusan saya ganti, harganya sudah 62.000(pasang)….woww !!

  2. hohoho ada yg senasib masih setia pake vario tua…. yah emg kendala paling mahal dari ketiga spare part itu. apa lagi bearing yg ga masuk akal harga nya tapi berbanding terbalik sama kegunaan nya gan…. keep posting bro

  3. saya motor baru baru beli 1 bulanan vario 150 kok ada suara kretek2 di belakang….rantainya atau apa gak tau…udah kasih tau mekanik pas servis tetap saja ada suara , gimana mas?

  4. Waw mahal gila harga kanvas cvt sampai 250 rb kw lagi. Setau ane kanvas cvt kvb tu 90rb. Roler dan v-belt kvb 65rb jangan mau di bohongin bengkel sobb

Ngomong dong, ngomong!!!

