Cek Rem Belakang Mobil, tipe Drum Brake/Rem Tromol


Met! Selamet!
Selamet Siang Indonesia! :mrgreen:

Berawal dari kekecewaan saya, enggak menemukan caranya di Google. Khususnya Bahasa Indonesia 😦

Kemarin sewaktu rekondisi kijang diesel, rem belakang lupa ga di cek. Katanya temen-temen kampas rem belakang itu sangat-sangat-sangat awet, emh.. Ga percaya gitu aja, saya harus buktikan sendiri.

Ya itu tadi, pertamanya buka google -ga ada-
Lalu buka Youtube -ada- tapi bahasa English :mrgreen:

Ada dua cara nih, yang gampang (dan sadis) di ketok-ketok pake palu sampai geser drumnya 😯 . Saya suka cara kedua, pakai baut ukuran 12, ga merusak. Ini baut ukuran kijang kapsul yak. Merek dan tipe mobil lain ukurannya bisa bervariasi, biasanya sih baut diangka 10-12 πŸ˜›

Ga pake lama ya dipraktekkan.

_MG_4538

Disitu ada kunci pas roda di paling kiri, selanjutnya ada senter, ada dongkrak bawaan (bisa ditemukan dibawah kursi penumpang depan), cairan pelumas ( :mrgreen: ), dua buah baut ukuran 12, kunci nomor 12 (toolkit standar vario tuaku itu), daaan sapu mini nan imut (hasss! 😈 )

Situ lepas ban belakangnya dulu om, setelah lepas cari lubang untuk trekker pembuka rem tromol/drum brake:

1Nah, baut ukuran 12 tadi dimasukkan ke kedua lubang itu.

Inget yak!
Satu lubang satu baut :mrgreen: 😈

Itu bautnya di putar se arah jarum jam, supaya rem tromol/drum brake terangkat dan mudah dilepas πŸ˜‰

2Kedua baut diputer selaras, jangan yang kanan tok yang diputer. Bisa kalah bautmu πŸ˜‰ Ganti-gantian, antara baut kanan dan kiri.

Hingga suatu ketika, drumnya terangkat!

3Dari sini tenagamu lebih berperan om, bautnya dilepas saja, lalu drumnya di goyang-goyang supaya terlepas πŸ˜›
Untuk yang jarang dicek, biasanya agak macet. Gak usah panik, goyang-goyang terus. Ntar copot juga kok πŸ˜‰

4Klank!

Lepas juga, fuh-fuh. Bersihkan saja drumnya, pakai gombal (ih kamu gombal.. PLAK! 😈 ) beri sedikit air supaya debu-debu gampang diangkat.

6digombalin dulu, supaya dia bertekuk lutut! 😈

Sudah!?
Lanjut ke kampas rem/sepatu remnya.

5Bersihkan pakai sapu kecil itu, rontok itu debu-debu jalanan!
Oh iya, tadi cairan pelumasnya disemprotkan ke bagian-bagian yang sering bergerak, hati-hati jangan kena kampas remnya πŸ˜‰

Cek juga kebocoran oli, sapa tau seal karet di master rem bermasalah πŸ˜›

Udah gitu aja πŸ˜†
Pasangnya tinggal dipaskan ke drat roda, kencangkan roda, cek remnya sambil jalan sekilo-dua kilometer 😎

Oh iya, tindakan (wuih πŸ˜† ) seperti ini kalau dikerjakan bengkel ongkosnya dua puluh ribu satu ban loh.

Hematnya.. Mantabh! (masih pake BH om πŸ˜† )

Sek-sek, satu lagi oom, mengenai gejala kampas rem mobil habis..
Kalo rem depanmu cakram, biasanya ada suara besi ketemu besi (sring-sring-sring). Kalo rem tromol, ga ada cara lain selain buka tromolnya untuk di cek secara visual. Kecuali di beberapa merek mobil premium semacam Puegeot dan BMW, disana ada sensor (berupa lempengan logam yang tertanam di sepatu rem-kampas rem) yang ngasih peringatan di dashboard kalau sudah waktunya diganti 😎

 

 

 

Iklan

26 thoughts on “Cek Rem Belakang Mobil, tipe Drum Brake/Rem Tromol

  1. trimaksih banyak dah berbagi ilmu di sini om..
    awalnya mau bongkar sendiri ada rasa ATUT gak bisa balikin sprt semula..tp setelah baca keterangan yg mudah di pahami jadi gak atut lagi

  2. Kalo kampas rem nyah lepas dari besi kampas saya mau akalin dan saya mau lem dan saya mau taya lem yg kuat pake apah nyah ? Tolon info nyah gan

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s