Ops, oknum AHASS Honda Jualan Part Imitasi!


Selamat Siang Yogyakarta!

Merupakan catatan perjalanan vario tua kelahiran 2007, si Varput!

Adalah Kamis siang yang cukup panas, tertanggal 24 Mei 2012.
Sudah 4000 km, sejak vonis seorang mekanik mengenai kampas kopling sentrifugal yang mulai aus.
Hmm ga heran sih, wong vario tu ini sudah menginjak kilometernya yang ke 56ribu sejak kelahirannya.
Setelah mengumpulkan rupiah demi rupiah, akhirnya terkumpullah mahar untuk meminang menebus seonggok suku cadang yang dinamakan kampas sentrifugal atau kopling ganda khusus metik ini 😛

Mampir ke AHASS langganan yang terletak di pusat Kota Yogyakarta ini.
Cukup ramai siang itu, menunggulah sekitar 1 jam sambil menikmati fasilitas wifi gratis dan secangkir kopi panas.
Selain sudah langganan disini, lokasinya strategis.
Jadi ya sekalian pulang kuliah gitu. 😉

Bilang sama resepsionisnya (kayak hotel lho, 😆 ), ganti kampas sentrifugal!
Diambilkanlah suku cadang yang termasuk mahal ini 😯

🙄
Sebelum pasang di elus-elus dulu 😆

Sempat ragu, kok kayak gini bentuknya 😯
Saya-pun menanyakan ke petugas mekanik yang berwajib berwenang ( 😆 ), dia-pun menjamin kalo part ini asli!

Sempat cerita juga, dulu, sewaktu musibah erupsi merapi (tahun 2010 yang lalu) banyak yang ganti kampas kopling ini, karena kampas kopling gosong buat nanjak lereng merapi.
Dan masih kata si mekanik senior, sampai sekarang ga ada yang komplain mengenai kualitas suku cadang yang berbungkuskan plastik kuning ini. 😉

Baiklah, pasangken saja bung!
Demi kenyamanan dan keamanan juga sih, apalagi saya juga merencanakan tur yang cukup panjang buat tahun ini, varput harus dalam keadaan yang terbaiknya!

🙄
maka, kampas kopling pun di pasangkan ke vario tua! 

Kutak-kutik..
Voila! Kampas kopling sudah terpasang di tempat yang semestinya. 😉

Dicoba dululah!

Hmm, terbayang kenikmatan berkendara dengan kampas kopling baru. 😛
Tarikan kembali ke kondisi terbaiknya..
Kembali kuat nanjak, buat melibas tikungan di hargodumilah atau menyusuri ganasnya jalanan sewaktu bepergian ke dataran tinggi dieng beberapa saat yang lalu 😛

Digagahilah vario tua ini :mrgreen:

Starter bletak khas vario-pun menunjukkan ke ganasannya!
BLETAAAAAK! 

Mulai terdengar raungan mesin 110cc yang ditenagai obat kuat bernama 9power itu.

Drrrrd..drrrd..drrrrrrd..
*maksudnya getaran yang tidak lazim!

Dari sektor cvt timbul getaran maha-dahsyat (lebe! 😆 )
Selayaknya vibrator yang sedang beroperasi!

Waduh!
Bayangan akan kenyamanan vario ber kampas kopling baru-pun sirna.. 😦
Ga ada yang namanya tarikan spontan nan lembut!
Diganti getaran kuat yang berasal dari rumah cvt.

Ah, paling ntar juga sembuh.
Coba jalan dulu sekitaran bengkel, tetep ya, helm di pakai dulu.

Muter-muter beberapa ratus meter..

Getaran semakin menjadi saat kecepatan kostan 40 km/jam 😦

Kembali ke bengkel, untuk mengajukan penawaran pertanyaan ke si mekanik A, yang saya rasa bertanggungjawan atas vibrator vario ini.

Kali ini si mekanik A yang mencoba sensasi vibrator “kenyamanan” sepeda motor 4 langkah bertransmisi metik ini,

“Ahh, normal ini mas, koplingnya belum menyatu dengan rumah koplingnya”

Kata si mekanik senior..

 Ah, ga yakin saya.
Di bongkarlah bagian cvt ini lagi.
Hmm, ternyata sekrup yang menahan knalpot agak renggang,

“Ini masalahnya mas, jadi bergetar tadi”

“Dicoba lagi ya, setelah ini”

Kata si mekanik B..

Ah, terserah kata si mas aja dah.
Yang penting vario tua ini kembali ke keadaan semula.

Di coba dulu..

Ealah, tetep aja bergetar.
Ga ada yang berubah!

Komplain lagi dong, wong suku cadang mahal!
Kali ini dengan alasan yang mengocok perut 😆

“Ban-nya sudah aus mas, udah ga bulet lagi ini, jadi begetar gini..”

What the *#&*&%#*&$! 😈
Sempat adu argumen beberapa saat, dan berakhir dengan sebuah pernyataan,

“Sekarang dipakai dulu saja, kalo ga puas, besok kesini pagi-pagi!”
“Kampas kopling lama dipasang lagi aja!”

Maunya di selesaikan hari itu juga, berhubung sudah sore dan bengkel sudah mau tutup.
Ya sudahlah, pulang dengan vibrator metik kesayangan ini.

Gundah, kalut, dan segumpal perasaaan kecewa lain bersemayam di otak saya.
Varput pulang dengan kecepatan 20 km/jam, lha mau gimana lagi, kalo diatas kecepatan itu getaran sangat terasa 😦

Dan saya sampai di gubuk sederhana yang tak pantas di sebut rumah ini. 😆

E buset, kakinya kesemutan 😆
Moga-moga ga impotensi karena getaran ini 😆

Penasaran, di carilah informasi mengenai kampas kopling vario yang legendaris ini.
Daaaaaaan,

:roll:
Sayapun menemukan kampas kopling asli Honda! 

 Wow.. 😯
Cakep gini bentuknya  😯
Apakah ini wujud kampas kopling yang asli!? Entahlah, wong saya belum pernah menjumpainya secara langsung.

Apakah saya tertipu?!
Saya rasa begitu 😦

Hmm, saya perhatikan di nota pembelian juga ada yang aneh.
Kode kampas kopling tidak dicantumkan 😯
Dan harganyapun tertulis cukup murah, sebesar 220ribu rupiah dengan ongkos pasang 15ribu rupiah.

Ah sudahlah, esok hari diselesaikan saja 😉

Keesokan harinya ( 😆 ), kembali ke bengkel tersebut.
Langsung mengutarakan ketidakpuasan saya, dan varput kembali dibongkar lagi cvtnya. Dengan maksud untuk mengganti kampas kopling ke kampas yang lama.

Sambil varput di bongkar, saya beranjak ke bagian suku cadang.
Menanyakan keaslian suku cadang yang saya beli.
Tapi didapat jawaban yang kurang memuaskan. 😦

Wow, saya terkejut.
Ternyata suku cadang berbalut plastik kuning ini tersedia disini!

🙄
sepertinya, yang kuning itu suku cadang yang serupa dengan yang saya pakai.. 

Setelah kampas kopling dikembalikan ke kampas kopling lama, si mekanik A-pun mengembalikan uang pembelian dan meminta nota pembelian yang sebelumnya saya terima, tak lupa disertai permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang saya derita.

Saat saya menanyakan keaslian suku cadang itu kembali, si mekanik A bilang,

“Dari dulu, yang namanya kampas kopling sentrifugal vario ya kayak gitu mas..”

Sayapun menunjukkan gambar kampas kopling asli, hasil pencarian di Internet. Si mekanik-pun manggut-manggut.

Permasalahan selesai..

Dan varput-pun mencoba berburu kampas kopling ke main dealer Honda di sekitaran Jombor, dengan maksud untuk mengganti kampas kopling.

Hmm, disana malah ga ada oom!
Harus inden alias antri sekitar 1 hingga 2 minggu lamanya dan dengan mengisi form pemesanan. 😦

Cari-cari di AHASS lain, dijumpai hal yang sama, kampas kopling ga tersedia. 😦

Oi Honda, katanya purna jualmu yang paling mantabh!? 😦

Yang dapat saya sampaikan untuk oknum AHASS di sekitaran pusat Kota Yogyakarta ini:

  1. Kalau suku cadang ga tersedia sebaiknya dijelaskan ke konsumen, kalau memang harus inden, saya bersedia menunggu kok.
  2. Masak bengkel AHASS ga jual suku cadang asli? kamu-kan bengkel resmi, bukan bengkel pinggir jalan yang ga jelas itu.  Kasian konsumen loh 😦
  3. Konsumen semakin cerdas, semoga kedepannya pelayanan dapat ditingkatkan.
Jadi ya, dari cerita ini dapat diambil kesimpulan bahwa teliti sebelum membeli itu penting. Bisa melalui blog ataupun forum di Internet, jadi yang saya alami ini cukup saya saja yang merasakan 😉
Hidup HONDA!
Metik itu HONDA!
Semoga berguna!

Iklan

98 thoughts on “Ops, oknum AHASS Honda Jualan Part Imitasi!

  1. Ini pengalaman aq yg menjengkelkan….saya beli beat injection second thn 2013 ternyata kiproknya sudah busuk.lha parahnya lagi mencari sperpartnya mubeng2 dibengkel ahas se tulungagung gak ada..trus pertnyaaku apa iya pabrikan sekelas honda membuat sperpart kualitasnya buruk,apa ia yang ktanya ahas itu bengkel resminya honda gak menyediakan sperpatnya,,apa harus ke bengkel yamaha ?bikin jengkel

  2. wah dulu pernah liat postingan,eh… Trnyata sya mengalaminya hari ini tgl 1/9/2012,motorku hbis mudik kondisinya brgetar,baru td siang sy ke ahas,mau servis katanya kanvasnya gk tersedia disana,harus inden dlu…
    Terpaksa harus ke ahas lain,muter2 cari hampir ke semua ahas dikotaku,semuanya bilang gk tersedia harus inden,lalu ada satu ahas di jl.padayungan tasikmalaya dsana ada,tadinya sy sempat lega rasanya akhrnya dpt juga,tp pas sy cek trnyta brangnya mirip sma yg diatas,pake dus merknya honda tp made in thailand,pas dbuka isinya ada 3buah kanvas diiket pake karet gelang dibungkus pake plastik kuning yg dibakar pake api lilin(kaya kripik).
    Wah disitu waktu dpasang sy langsung menolaknya,adu argument sma mekaniknya pun terjadi,bhkan dia ngash garansi kalo sy ykin ini palsu coba cek ke ahas yg lain,dan kalo kanvas itu sudah dpasang lalu trnyata gk nyaman bisa blik lg…
    Y trpaksa sy tolak,trus brmksud utk mencari ke grosis dan bengkel2 di kota sya,hampir semuanya ngasih sy barang yg seperti itu,harganya skitar 220an…
    Nah yg sy ingin tanyakan,kanvas kopling yg asli ahm,itu kyk gmana penampakannya,ada yg bsa bntu sy gk,ingin tau soalnya,biar gk salah beli…

    1. Yang asli ada hologram segel honda, dan tanpa per kecil yang jumlahnya tiga itu.
      Plastik kuning dan berkaret, btw bsk saya jelaskan ciri-ciri yang asli

  3. waw kisah yang menarik.. kebetulan aye juga make mtor vario… hati2 ah.. maksih inponya
    ow iyo ahasnya yang mana yo??hee

  4. motor onda pabrikan sampah…yamaha tu keren kl sperpat asli lg inden kita tetep bs nyaman pk sperpat smentara coz yamaha bnyk kecocokan dgn merek laen atopun mtr semerek yamaha tp beda jenis bs saling subsitusi part, jg bnyk penydeia sparepat kw yg bkin sperpat untuk yamaha

  5. Ping-balik: blognya si oom!

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s