Ganti oli transmisi vario, gampang kok!


Selamat Malam Yogykarta!

Oli transmisi (atau sering disebut oli gardan (masak pake gardan sih😆 )) adalah oli yang terletak di sekitaran roda belakang, bertugas melumasi gear di bagian cvt.

Biasanya diganti setiap 2x ganti oli yaitu 8000 km (relatif kok, tiap 4000an juga boleh, terserah :twisted:)

Jangan sampe lupa, perannya vital loh❗
Oh iya, di buku pedoman servis (biasanya dapet kalo pas beli motor baru) ga disebutin.
Mekanik ahass-pun kalo ga dikasih tau dia ga ngerti😯, harusnya dia ngasih peringatan gitu😯

Baiklah (:mrgreen: ), mari kita lakukan..

Hmm, karena hemat adalah pangkal dari kaya, maka marilah kita berdoa bersama-sama lakukan dengan metode gembel.
Hemat beib😆

  • Siapkan olinya
    Saya pake federal oil. Belinya yang ukuran 0,8 L, seharga Rp. 28.ooo bisa untuk 5 kali ganti oli😈 .
    Daripada beli yang ukuran 120ml, seharga Rp 11.000 cuma untuk sekali pake:mrgreen: .
    Tapi ya dengan konsekuensi lebih ribet😈

pinjem murnimotor.blogspot.com

  • Suntikan bekas
    Bekasnya dari suntikan tinta printer oom, udah ada ukurannya dalam mililiter😉, semacam usaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas, demi Bumi yang lebih baik😈 (inget postingan yang ini :razz:)

daripada ga kepake😉

Pertama-tama (😆 )
Lumatkan oli dalam adonan tepung terigu protein tinggi, bisa pake merk segitiga biru😆
Buka dulu baut pembuangan oli sekalian baut pengisiannya😉
Buka-nya pake toolkit standar aja kok oom😎

 dsc00906yang atas untuk ngisi, yang bawah untuk mbuang😎

Lalu..

Ganjel standardnya..
Biar oli yang dimasukkan enggak meleleh keluar (meleleh, wkwkwk:mrgreen: )

Bisa di ganjel pake balok kayu, kalo ga ya minta bantuan temen buat megangin😉
Bisa juga disenderin ke tembok😆 (awas ke pentok sepionnya😆 )

saya sih, pake balok😎

 Setelah itu, masukkin olinya oom!

Volume-nya 120 ml, karena suntikan bekasnya berukuran maksimal 20 ml, jadi ya di ulang sampe 6x😆

Hemat beb  😆

Kebetulan banyak limbahan suntikan, jadi ya…
Gunakan sajalaaaaah😈

 barang bekas:mrgreen:

Oh iya, penggantian oli transmisi a.k.a. oli gardan sangat vital loh❗
Jangan sampai lupa❗

Kalo lupa, tanggung sendiri akibatnya:mrgreen:

Ini terjadi pada vario berjarak tempuh 60rebuan km, oli transmisi sampai kering😯

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Tuh, bantalan peluru-nya (halah:mrgreen: ) sampe pada rompal😯

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Bagian lain juga kena imbasnya😯

Gitu dulu oom, semoga berguna😈

51 thoughts on “Ganti oli transmisi vario, gampang kok!

  1. gan klu perawatan ban dalam motor vario CBS gimana,coz cepat bocor dan tipe ban dalam yang bagus merek apa

    • pakai irc atau mizzle om, perawatannya cuma seminggu sekali dicek pakai preassure gauge😉, pastikan tekanan sesuai rekomendasi. Biasanya sih depan 29 psi belakang 33 psi begitu

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s