Ganti oli transmisi vario, gampang kok!


Selamat Malam Yogykarta!

Oli transmisi (atau sering disebut oli gardan (masak pake gardan sih :lol: )) adalah oli yang terletak di sekitaran roda belakang, bertugas melumasi gear di bagian cvt.

Biasanya diganti setiap 2x ganti oli yaitu 8000 km (relatif kok, tiap 4000an juga boleh, terserah :twisted:)

Jangan sampe lupa, perannya vital loh :!:
Oh iya, di buku pedoman servis (biasanya dapet kalo pas beli motor baru) ga disebutin.
Mekanik ahass-pun kalo ga dikasih tau dia ga ngerti :shock:, harusnya dia ngasih peringatan gitu :shock:

Baiklah ( :mrgreen: ), mari kita lakukan..

Hmm, karena hemat adalah pangkal dari kaya, maka marilah kita berdoa bersama-sama lakukan dengan metode gembel.
Hemat beib :lol:

  • Siapkan olinya
    Saya pake federal oil. Belinya yang ukuran 0,8 L, seharga Rp. 28.ooo bisa untuk 5 kali ganti oli :twisted: .
    Daripada beli yang ukuran 120ml, seharga Rp 11.000 cuma untuk sekali pake :mrgreen: .
    Tapi ya dengan konsekuensi lebih ribet :twisted:

pinjem murnimotor.blogspot.com

  • Suntikan bekas
    Bekasnya dari suntikan tinta printer oom, udah ada ukurannya dalam mililiter :wink:, semacam usaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas, demi Bumi yang lebih baik :twisted: (inget postingan yang ini :razz:)

daripada ga kepake :wink:

Pertama-tama ( :lol: )
Lumatkan oli dalam adonan tepung terigu protein tinggi, bisa pake merk segitiga biru :lol:
Buka dulu baut pembuangan oli sekalian baut pengisiannya :wink:
Buka-nya pake toolkit standar aja kok oom :cool:

 dsc00906yang atas untuk ngisi, yang bawah untuk mbuang :cool:

Lalu..

Ganjel standardnya..
Biar oli yang dimasukkan enggak meleleh keluar (meleleh, wkwkwk :mrgreen: )

Bisa di ganjel pake balok kayu, kalo ga ya minta bantuan temen buat megangin :wink:
Bisa juga disenderin ke tembok :lol: (awas ke pentok sepionnya :lol: )

saya sih, pake balok :cool:

 Setelah itu, masukkin olinya oom!

Volume-nya 120 ml, karena suntikan bekasnya berukuran maksimal 20 ml, jadi ya di ulang sampe 6x :lol:

Hemat beb   :lol:

Kebetulan banyak limbahan suntikan, jadi ya…
Gunakan sajalaaaaah :twisted:

 barang bekas :mrgreen:

Oh iya, penggantian oli transmisi a.k.a. oli gardan sangat vital loh :!:
Jangan sampai lupa :!:

Kalo lupa, tanggung sendiri akibatnya :mrgreen:

Ini terjadi pada vario berjarak tempuh 60rebuan km, oli transmisi sampai kering :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Tuh, bantalan peluru-nya (halah :mrgreen: ) sampe pada rompal :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Bagian lain juga kena imbasnya :shock:

Gitu dulu oom, semoga berguna :twisted:

51 thoughts on “Ganti oli transmisi vario, gampang kok!

  1. gan klu perawatan ban dalam motor vario CBS gimana,coz cepat bocor dan tipe ban dalam yang bagus merek apa

    • pakai irc atau mizzle om, perawatannya cuma seminggu sekali dicek pakai preassure gauge :wink:, pastikan tekanan sesuai rekomendasi. Biasanya sih depan 29 psi belakang 33 psi begitu

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s