Penyebab garansi tak berlaku, Honda!


Selamat Siang Yogyakarta!

Garansi adalah  surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahandalam jangka waktu tertentu. Biasanya pelanggan sebagai pengguna terakhir dan penjual melengkapi pengisian data pada surat keterangan tersebut untuk kemudian dikirim ke produsen agar didaftarkan tanggal mulai periode garansi (wikipedia)

Hai-hai, ketemu lagi :mrgreen:

Kali ini bahas garansi sepeda motor, khususnya Honda (cuma punya  Honda, mau gimana lagi :mrgreen:)

minjem di psjhonda.com

Sebelumnya banyak yang berprasangka (weleh-weleh :mrgreen:) kalo masih dalam masa garansi itu semua kerusakan yang terjadi itu di jamin oleh pabrikan, dan ternyata..

FYI, untuk mesin-nya di garansi sampe 3 tahunan loh! :shock:.
Yamaha malah lebih edan, dia berani kasih masa garansi 5 tahunan 😯 😯
Sedangkan rangka dan kelistrikan selama 1 tahun atau 10rebu kilometer 😯

..anggapan itu tidak sepenuhnya benar! 😈

Yuk di bahas, hal-hal yang membuat garansi ga berlaku 😎

  1. Buku serpis hilang, rusak/cacat.
    • Jauhkan dari jangkauan anak-anak 😈
  2. Ga serpis teratur, sesuai dengan jadwal perawatan berkala.
    • Biasanya buku servis berkala itu sepaket sama sertipikat garansinya 😎
    • Biar garansi tetap berlanjut (wkwkkw :mrgreen:), hubungi dokter serpis berkala jangan sampe bolong!  Walopun cuma sekali, ingat itu ❗ (muahahah :twisted:)
  3. Kerusakan karena perbaikan dan/atau perawatan di luar bengkel resmi.
    • Motor kesayangan harus di serpis di bengkel resmi (mahaaaal :twisted:)
  4. Kerusakan karena pemakaian yang tidak wajar.
    • Tabrakan/jatuh, ikut balapan, kesalahan pemakaian, ato modifikasi.
  5. Kerusakan akibat pemasangan/penggunaan/pemakaian:
    • Perlengkapan tambahan
      • Pasang boks (kayak bakul pukis :mrgreen:) bisa menggugurkan garansi loh (kan termasuk modifikasi alias perubahan :cool:)
      • Kalo pasang cantelan belanjaan gimana!? Simpulkan sendiri 😉
      • Apalagi fullwavenya si varput 😆
    • Sperpat selain dari bengkel resmi, dalam hal ini Honda Genuine Parts
      • Jangan pasang bohlam abal-abal (kayak postingan yang ini)
    • BBM selain yang di rekomendasikan (pertamax, premium, pertamaxplus)
      • Pemakaian adiktif BBM bisa menggugurkan garansi (semacam peningkat oktan dan sejenisnya)
  6. Kerusakan/cacat akibat:
    • Kebakaran, bencana alam, pencurian, huru-hara
    • Kena bahan kimia, kotoran orang burung, getah pohon, air garam, dll
    • Garansi ga sama dengan asuransi ❗
  7. Gejala normal sesuai “standar pabrikan”
    • Suara, getaran, rembesan minyak, asal ga mempengaruhi fungsi dan kualitas motor 😆
    • Pasal ini bisa multi tafsir :twisted:, harusnya bisa dibuktikan dengan alat ukur dan sejenisnya.
  8. Kerusakan akibat pengangkutan yang salah oleh konsumen.
    • Jadi, kalo ada lecet setelah dianterin diler, bisa di klaim oom :mrgreen:
  9. Motor ga langsung di pake setelah pembelian atau telah melewati masa garansi
  10. Sperpat yang habis, rusak, aus karena pemakaian/perawatan
    • Busi-aki, macam-macam saringan, macam-macam kampas, lampu, sekring, ban luar-dalam, baut, macam-macam cairan, sperpat dari karet, dll.
  11. Seal oli
    • pedal stater, counter-shaft,dll
  12. Kerugian dalam bentuk:
    • Materiil (waktu, tenaga, biaya, dll)
    • Formil bukan meteriil.

Semoga berguna 😈

Sumbernya:

Bukunya Honda!


Mungkin syarat dan ketentuan pabrikan lain bisa lebih banyak atau lebih sedikit.

Ada tambahan dari oom Schutzstaffel

Yamaha 5 tahun bukannya cuma garansi di piston n silinder aja Masbro… Bukan garansi mesin..

Iklan

33 thoughts on “Penyebab garansi tak berlaku, Honda!

  1. Trus apa bila stock part kosong di Maintpart Honda Gimana ? ( contoh Lampu Depan putus, apabila barang Inden 1 atau 2 Minggu trus kita harus d tilang selama 2 Minggu Juga ???? ) tuk Motor Honda CB150R !!!

  2. beatF1 sy 5bln 2.600 km sdh kena klepnya bengkok pd servis klewat akhirnya msuk servis k 2 d 1200 km, ap msh dpt garansi

  3. bagaimana jika terjadi kerusakan pada mesin karena dari pabriknya? apakah pihak honda akan mengganti mesin secara utuh atau apakah hanya mengganti onderdil dalam mesin saja? jika hanya mengganti onderdil dalam mesin saja berarti mesinnya dibuka (pecah mesin). berarti sebagai konsumen kita akan dirugikan.
    saya ada permasalahan pada gigi 3 dan gigi 4,pada posisi gigi 3 waktu di jalan dengan kecepatan rata terasa brebet dan yang lebih parah lagi waktu masuk gigi 4 mengeluarkan bunyi seperti gesekan didlm mesinnya. dibawa ke ahass 2x jawabannya tidak memuaskan. suara gesekan karena angin yang kena bodi sepeda katanya. padahal saya baru pakai 4 bulan.

    1. Apa ruginya belah mesin oom?
      Malah ketahuan secara detail penyebabnya 🙂

      Itu tergantung kerusakannya juga oom, pastinya pabrikan ada parameter-parameter tertentu, yang terburuk ya diganti mesin segelondong :mrgreen:

      Btw, motornya apaan oom?
      Saran saya, bawa je main dilanda oom.
      Mekanik disana lebih teliti+ ramah (nyaman buat tanya-tanya) 😎

      Semoga membantu 🙂

  4. Sama, beat adik saya juga gitu :mrgreen:
    Motornya cuma buat keliling sekitar rumah aja sih 😈

    Tapi servis gratisnya masih bisa dipake loh, langsung dilompatin ke servis berkala ke-3

  5. Wah, garansi Spacy adikku, sudah pasti hangus…. Lha udah 6 bulan, tapi odometer baru 1500km… Jadi, belum servis ke – 2 mas…. hahaha… Biar dah…

  6. Ane punya pengalaman 2 kali klaim produk honda, yang pertama Shock belakang Supra X125 yang bunyi krok krok kalo buat boncengan, yang ke dua velg gealgeol honda vario. Keduanya dapat pelayanan yang baik dari Dealer astra Jogjakarta jalan magelang dan semua parts yang bermasalah diganti baru, Prosedur klaimnya pun mudah hanya membawa buku garansi kemudian Kartu garansi di potong untuk pengajuan klaim ke pusat. Proses penggantian hanya menunggu sekitar 1 jam itu juga karena mekaniknya harus antri. Saya rasa untuk pelayanan pelanggan Honda memang jempolan. cukup klaim dari email besoknya langsung di telpon. Beda pengalaman saya ketika ingin mengklaim bunyi klotok2 jupiter MX , ane kirim Email hanya di balas Email yang isinya cuma suruh menghubungi bengkel terdekat…

    1. ini orang tolol atau pura-pura tolol sih????
      Ngajukan claim ke dealer kok dibandingin dengan ngajukan claim lewat email?
      Emang motor sampeyan bisa diperbaiki lewat email?
      Kalau mau diberesin ya memang harus ke beres terdepan!
      Tolol loe! Atau sengaja bc yang gak mutu???!!!

  7. Yamaha 5 tahun bukannya cuma garansi di piston n silinder aja Masbro…
    Bukan garansi mesin..

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s