Pre Delivery Inspection, apaan sih!?


Selamat Siang Yogyakarta!

Pre Delivery Inspection, selanjutnya di sebut PDI adalah semacam pengecekan kelengkapan dan kondisi sebuah kendaraan dari showroom/dealer sebelum diantar ke tangan konsumen (dikirimkan biasanya :mrgreen: )

Pengecekan sebenarnya dilakukan sama kedua pihak, yaitu pihak diler yang diwakilin oleh seorang mekanik dan pihak konsumen (bisa didampingin sama temen ato kerabat yang berkompeten 😎 ).

Nah dibagian ini sering kali konsumen ga dilibatkan, oom :twisted:.

Kalo dicermati, konsumen juga ikut tandatangan loh.

Biasanya ada check-lisnya oom 😎

Tapi ya itu, entah karena ke tidak tahuan ato akal-akalan diler biar ga repot, jadi ya si konsumen tinggal di suruh tandatangan berita acara pemeriksaaan (kendaraan bermotor ) :mrgreen: .
Pokok e tau beres 😈

Mungkin lupa apa memang begini “prosedur” PDI di Indonesia, ujung-ujungnya  ngerugiin konsumen 😡

Yaaah, walopun tiap beli kendaraan baru selalu dapet garansi, tapi alangkah baiknya (wkwkwk :mrgreen: ) mencegah daripada mengobati 😎
Garansi ga kayak asuransi loh :mrgreen:

Apa aja toh yang perlu di cermati?

  1. Buat janji pengiriman  dolo sama diler yang bersangkutan. Pastikan ada orang dirumah :mrgreen:
  2. Kirimnya jangan sore oom. Biar gampang ngecek (sapa tau velgnya ga sesuai spesifikasi :mrgreen:)
  3. Cek odometer. Pastikan jarak tempuh kurang dari 5 km (kalo lebih dari itu, biasanya motor pajangan)
  4. Cek cat dan aksesorinya oom. Dari segi warna, kemungkinan gores, stiker ngelupas,baut lepas ato malah pecah 😈
  5. Cek kebocoran cairan. Bisa bahan bakarnya, cairan pendingin (yang berradiator), ato pelumasnya 😯
  6. Cek ban+velg depan. Posisikan di standar tengah terus perhatikan sama spakbor depan, harus simetris. Tekanan udaranya juga dicek oom, awas terlalu keras :). Selain itu velgnya juga dicek , caranya diputer terus diperhatikan dari depan, perputaran harus mulus :mrgreen:
  7. Cek ban+velg belakang. Kayak di poin nomer 6.
  8. Periksa tegangan accu, sesuaikan sama spesifikasi. Awas korosi (ada putih-putihnya di kutub “+”)
  9. Perhatikan level ketinggian oli, baik oli mesin ato oli rem, tambahkan bila perlu 😎
  10. Kunci cadangannya oom, jangan sampe ketinggalan.
  11. Periksa dokumen kelengkapan. Kayak STNK, plat nomer, kartu garansi, buku servis, dan BPKB (yang biasanya 3 bulan setelah pembayaran lunas, dibuat tertulis bermaterai biar dilernya ga main-main 😈
  12. Bawa kamera. Motornya di poto dolo oom, sapa tau pas pengiriman tertukar 😆
  13. Dan yang terakhir, minta bonusan :mrgreen. Ada setrika, dispenser, jaket kulit jok, helm, ato rumah mungkin :mrgreen:
  14. Dan yang terakhir (lagi) sukuran sama tetangga sekitar :mrgreen:

Karena manusia itu tempatnya salah dan lupa 😈

Asiiiiiik, motornya baru..

Referensi:
Dimana dan dimana..

❗ pernah mem-PDI-kan motor oom!?

Tambahan dari oom Bejo

setau saya PDI itu memang dilaksanakan oleh mekanik.yang dilaksanakan bersama konsumen bukan PDI ,tapi BASTK atau berita acara serah terima kendaraan.
Nah PDI sendiri dimaksudkan untuk tetap menjaga kualitas sepeda motor yang akan dijual setelah sebelumnya telah mengalami pengecekan di pabrik.bahasa gampangnya sih pengecekan dan penyetelan ulang.
nah setelah dilakukan PDI mekanik menentukan apakah motor layak jual atau tidak.

demikian sedikit koreksi dari newbie he he………….

Tambahan dari oom raya

poin 12 kayaknya gak usah deh, karena di nota yang dibawa pembeli sudah ada nomer mesin dan rangka yang dicatat saat memilih motor, dan pasti diperiksa saat penyerahan barang..

Iklan

29 thoughts on “Pre Delivery Inspection, apaan sih!?

  1. mau nanya oom… Apa busi yang dipasang di motor baru Honda itu beda dengan busi Honda Genuine Parts ya ?

    Coz dulu motor ane pas masi baru jalan 2000km, busi bermasalah. Gitu juga dengan motor baru Honda temen ane…. Motor bebek Honda… Tapi setelah diganti, langsung oke sih…

  2. poin 12 kayaknya gak usah deh, karena di nota yang dibawa pembeli sudah ada nomer mesin dan rangka yang dicatat saat memilih motor, dan pasti diperiksa saat penyerahan barang..

  3. setau saya PDI itu memang dilaksanakan oleh mekanik.yang dilaksanakan bersama konsumen bukan PDI ,tapi BASTK atau berita acara serah terima kendaraan.
    Nah PDI sendiri dimaksudkan untuk tetap menjaga kualitas sepeda motor yang akan dijual setelah sebelumnya telah mengalami pengecekan di pabrik.bahasa gampangnya sih pengecekan dan penyetelan ulang.
    nah setelah dilakukan PDI mekanik menentukan apakah motor layak jual atau tidak.

    demikian sedikit koreksi dari newbie he he………….

  4. kalo dlu sih pengalaman bokap liat2 di gudangnya di dalem dealer.,.. pilih yang ini… sore dianter…tanda tangan…selesai 😀

      1. banget ,,., saking kebeletnya ayah 😀 beli jam 14.15 , dianter jam 15.10 🙂

        pelayanan honda emang cepet banget kalo stok lg ada 😀

        kalo gak ada ya inden ya inden jamaah oh jamaah 😀

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s