Ban Tubeless, aman-nyaman, tapi…


Selamat Siang Yogyakarta!
Tak kira udah pada tau, suka-dukanya make ban tubeless..
Mungkin sukanya:
1. Ga perlu ban dalem.
2. Ban relatif membulat, nyaman untuk miring-miring.
3. Gampang nambalnya, pake lem super bisa :mrgreen:
4. Tekanan ban awet, jarang nambah angin.
5. Lebih ringan, karena tanpa ban dalem.
6. Kalo bocor, ga langsung kempes πŸ™‚

Kalo dukanya:
a. Harganya lebih mahal daripada tube-type.
b. Variasi ukuran belum sebanyak tube-type.
c. Dengan tekanan udara yang sama, ban tubeless lebih keras dari pada tube-type.
d. Kalo tekanan ga pas, bikin velg peyang.pent
dan
e. Angin gampang lolos.

Nah, kalo ini mau bahas poin e.
Angin gampang lolos.
Lah, berarti ga nyambung sama keuntungan ban tubeless di poin 4, oom!?
Ntar dolo, angin gampang lolos tuh banyak faktornya. Kayak velgnya sobek, ato malah lecet karena congelan tukang tambal ban, dan tak kira kalo yang ini masih bisa dimaklumi oom, la wong alatnya ga sekumplit dibengkel resmi.

Faktor lain yaitu, pentilnya.
Ya pentil (“e”-nya diperhatikan :mrgreen: ), benda kecil tempat buat ngisi angin .
Menurut saya pentil yang ada dipasaran kualitasnya abal-abal (cuma 1 macem pula 😦 ), biasanya yang berbahan logam sama karet swempagh yang gampang getas.

Kayak gini lo:

 

 

Nah, kalo oom-oom semua pake pentil kayak apa?
Gimana kualitasnya!?

Saya sendiri make ban tubeless selama 2 taun ini udah 2 kali ganti pentil 😦
Apa mungkin karena panas mesin metik bikin pentilnya ga awet ya!? Baru setaun, karetnya udah getas.

Ada baiknya, sebelum pasang pentil, karetnya disemprot kondisioner buat karet biar ga gampang getas.
Banyak kok dipasaran, kayak mtr (yang saya pake) atau merek-merek lain kayak wd40 (yang khusus karet), dll

Semoga berguna..

Iklan

36 thoughts on “Ban Tubeless, aman-nyaman, tapi…

  1. Mampir lagi gan πŸ˜€
    Si Vartech Biru πŸ˜€
    Sekarang bermasalah pada Ban Tubless ane udah jalan ampir 2 thn Pentil mulai getas mulai menandakan kebocoran kebocoran 😦

    Mau ganti tapi males ke bengkelnya, beli pentilnya sih murah 5rb bongkarnya itu yg mahal bsa 15-25rb :hammer

    Ada solusi merk pentil yang bagus ???

    1. nope 😦
      diluar sana cuma ada satu merek, mereknya “tanpa merek” πŸ˜† . vario sebenarnya tidak didesain untuk ban tubeless, makanya awet. beda cerita kalo tubeless dipasang di velg new megapro cw atau velg Honda PCX (cast whell=velg resing). pastinya sangat awet karena sistem pentilnya seperti mobil 😎

      saran saya sih ganti pentilnya aja om.

      kalau saya: ban tubeless untuk depan, belakang tetep ban tube typr standar.
      kenapa belakang ga pakai tubeless? ya itu dia, gampang getas karena terpengaruh panas mesin.

      makaseh pertanyaannya 😎

  2. siang om…ane mau beralih ke ban tubeles alias pemula omm…coz liat kayanya lebih safety kalo jalan malem (sering jalan malem) minta saranya dunk om..

    1. pada dasarnya velg untuk tubeless itu beda dengan velg untuk ban biasa, bibir belg tubeless lebih dalam dan berliku bibirnya.

      saran saya, sebaiknya ganti velg yang khusus tubeless supaya awet dan tahan lama.

      1. Pentil tubeless yg sangat tahan lama harganya diatas 200rb sepasang,, haha,,

        Tp ane dapet pentil tubeless bagus kualitas logamnya, tapi ya itu tadi, bahan karetnya mudah getas alias retak,,,

        Ane mau beli pentil tubeless variasi aja, buat jangka panjang, toh kalo ban habis kan ganti ban lagi dan begitu seterusnya,,,

        BTW, ganti pentil bisa dilakukan tanpa melepas ban dari velg gk?, tinggal dikempesin total lalu dorong pinggiran ban sampai ban terbuka gitu?

  3. ooom denger denger ada gas udara untuk pengisian angin bantubles,apan om soale q mau coba pakek tubles biasanya awet gak om untuk pemakean jarak jauh
    makacih

    1. ooh gas nitrogen maksudnya?!
      lebih awet oom, di mobil saya bisa bertahan 6 bulan tanpa penyusutan yang berarti πŸ˜‰
      sayangnya masih mahal, untuk isi pertamakali sekitar 10-15ribu, setalah itu 5ribu per pengisian.
      Mahal 😯

      Saya rasa, kalo cuma untuk pemakaian sehari-hari ga begitu perlu oom.
      Kecuali buat yang seriing keluar kota.

      Keistimewaan nitrogen itu, ga gampang memuai. Jadi tekanan udara di ban relatif stabil πŸ˜‰

      Semoga membantu, terimakasih sudah berkunjung πŸ˜›

      1. Udara biasa udh mengandung nitrogen sekitar 70% lebih,,,

        Udara biasa pemuaian tekanan nya cuma kisaran 0,1 – 1 psi aja saat di jalan yg panas, di tengah hari bolong,,,

        Nitrogen kalo nyampur angin biasa bakalan memuai banget, bjsa sampai 5 psi,,,

        Jd kalo isi nitrogen harus comtinue, lah kalo ban bocor?, bisa isi angin biasa, tp secepatnya cari bengkel nitrogen untuk diisi ulang/dikuras lalu diisi nitrogen lagi,,,

    1. tambal sendiri oom, pake lem super (alteko, dan sejenisnya)
      1. pakunya dicabut, kempesin ban
      2. dibagian lubang pakunya dituangkan lem, sambil di tusuk-tusuk pake paku biar lemnya masuk dan merata sempurna
      3. tunggu 30 menit, pompa ban lagi
      4. siap digunakan :mrgreen:

  4. dah 2 tahun pake ban tubeless, belum pernah ganti pentil ataupun bocor..paling sebulan sekali cek angin ban

      1. Pentil tubeless gk cuma satu macam dan satu produksi/merk,,, jd jangan digeneralisir, banyak pentil tubeless yg murah tapi berkualitas, ada yg mahal juga dengan kualitas yg sesuai harga, ada juga pentil tubeless abal2 alias kw yg kualitasnya jelek banget tp dijual harga normal sesuai harga pasaran,,, jd bisa2 aja nyari pentil yg bagus,,,

  5. pengalaman pake ban tubles sering kekurangan angin.trus dlm 2 bulan minimal 2 kali tambal ban.akhirnya kembali ke ban biasa.lebih stabil menurutku.dan dah hampir 1 tahun alhamdulilah awet ga pernah tambal hehe

    1. kalo bocornya sih ga oom, cuma ganti pentilnya itu loo..
      harus congkel-conkel velg 😈
      kan sayaaaang, takut penyok :mrgreen:

    1. dia ga ada ban dalemnya oom, konstruksinya beda sama ban konvensional.
      kalo secara bentuk, ga jauh beda sama ban biasa.
      di dinding ban ada tulisan “tubeless”, gitu πŸ™‚
      makasih kunjungannya πŸ˜€

    1. kalo velgnya khusus tubeless sih ga masalah oom, laini velgku tubeless kw 3 :mrgeen:. malah repot gonta-ganti pentil 😈

  6. kalo velg tubeless jadi-jadian (kayak varioku)
    lubang pentilnya kecil, sedangkan punya mobil dan punya bydon/NMP lebih besar oom..
    gitu, makasih kunjungannya πŸ™‚

  7. om2, gimana klok ganti pentil ban tubeless nya mobil??atau punya byson yang memang asli tubeless dari sononya?? mungkin bisa lebih awet (IMHO)..
    πŸ˜€

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s