Cek dulu olimu!


Selamat sore Yogyakarta!

Maafkan saya yang terlalu sibuk ini :mrgreen:, blog ga keurus. Sampe jamuran gini 😆

Nah, kali ini ngebahas pentingnya cek oli.

Oli merupakan bagian vital dari sebuah mesin, dia adalah pelumas-pendingin-penyekat biar bagian-bagian mesin bisa bertahan lama.

Kalo mau tau lebih banyak tentang oli, bisa cek di sini (link wikipedia, bukan jebakan :))

Tau toh pentingnya oli 🙂

Hmm, sekarang yuk cek oli.

Apanya yang dicek?

Volumenya aja oom, ini yang paling mudah. Dari pabrikan udah disediain dipstick tuh. Sebuah alat serupa batang yang berguna untuk mengecek ketinggian volume oli.

Pompa oli perlu tekanan tertentu biar oli bisa nyebar ke semua celah mesin. Mesin yang dipake dalam kondisi volume oli yang dibawah standar bikin mesin rusak lo. Dari yang cuma suara kasar, sampe silinder baret :cool:.

Langkah pertama:

Panasi mesin dulu oom, ya 2-3 menit aja. Setelah itu didiamkan 5 menit. Oiya, taruh ditempat datar dan di standar tengah

Langkah kedua: 

Cari dulu dipsticknya :mrgreen:

Kalo di vario ada dideket radiator oom, kalo dimobil biasanya ditandai pake warna merah ato kuning dibagian ujungnya. Nah dibuka itu dipstick 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Langkah ketiga: 

Bersihin oli yang nempel, pake lap ato pake tisu.


 

 

 

 

 

nah itu bagian yang silang-silang, batas atas sama batas bawah volume oli. Jangan kelebihan (bikin berat puteran mesin), jangan juga ke kurangan (oli ga tersebar disemua bagian).

 

Langkah keempat:

Masukin lagi dipstiknya oom, tapi jangan ditutup. Cukup dimasukin aja.

 

 

 

 

 

 

 

Langkah kelima:

Cabut oom dulu oom, aaaaaakh!!!! :mrgreen:

Liat dulu, olinya seberapa.







Ops ternyata si vivi perlu ditambahin oli, sampe setengah dipstik 😦
Nah, tambahin sampe batas atas oom, jangan kelebihan, terus ulangi langkah 3 sampe langkah 5.

Semoga berguna 🙂

Iklan

25 thoughts on “Cek dulu olimu!

  1. kalo jarak tempuh dibawah 20 km per hari-nya,tapi kena macet,perlu sering cek oli ga om?katanya bila kondisi jalan macet,lebih bagus kalo aplikasi oil cooler y om?

    1. iya oom, pelu cek oli, karena macet bikin panas mesin meningkat. otomatis penguapan oli semakin besar. kalo kurang jangan dipaksain jalan lo, pompa oli juga perlu tekanan tertentu 🙂

      kalo sering kena macet bagusnya pake radiator yang berkipas. kalo pake oil coller tanpa ada udara yang bergerak (aliran udara) sama aja bohong :mrgreen:
      kecuali oil coolernya berkipas 😉

      semoga membantu

      1. o gitu..berarti emang sirkulasi oli pake pompa y?ga cuma ngandelin tekanan aja?
        bener juga si..berarti kaya motor yang udah pake OC tapi tanpa kipas, sama aja bohong dong?hehehe..

        1. kalo pake oc tapi jalanan lancar (tanpa macet yang berarti), bisa mendinginkan oli oom 🙂

  2. mantap oom inponya..aku blm terbiasa pake motor 4 tak..yg jadi fokus pasti oli..soalnya dulu si ijo 1 taun sekali ganti oli mesin..xixixi… 😀

    1. soal e supra x-ku dulu pernah lupa ga ngecek oli, akhirnya suaranya semakin “merdu” :mrgreen:
      biar yang lain ga ikut-ikutan “merdu” mesinnya 😆

  3. wah, rada males oom buka-tutup bak oli… suara kasar, tapi mesin Revo kok + ngacir aja…. hehehe… 😀

    Lhah, mending langsung ganti oli oom… tanggung kalo cuma ditambah… hmmm, ane tiap 1000km gantinya…

      1. Kalo’ yang 4000 Km ganti olie pastinya si pake Federal Fick atau MPX-2 karena menurut Buku petunjuk Honda matic yang dikeluarkan pengantian oli tiap 4000 Km
        Tapi kalo’ menurutku sih sebaiknya ganti oli nya tiap Km 2500 atau 3000 (karena jalanan nggak bisa diperdiksi macetnya khususnya untuk wilayah Jabotabek atau Jakarta dan sekitarnya)

        1. tepat oom aziz, saya make flick..
          walopun macet-macetan, tetep ganti tiap 4000km :mrgreen:
          *ngirit 😈

  4. Tambahan saran: klau bisa cek oli min 1x sebulan (klau pmakaian normal sehari 20-50km) klau lebih dari 100km paling ga ya seminggu 1x apalagi pke oli yg SAEnya dibawah 15W-50

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s