Ke Tawangmangu, oom!


Selamat Pagi Yogyakarta!

Weekend kemaren pada kemana oom?
Bali? Jogja? Bandung? Terserahlah! :mrgreen:

Berawal dari kegalauan saya, mau kemana liburan panjang ini?

Hmm, tadinya mau kepantai sekitaran wonosari. Tapi udah sering oom, bosen juga. Butuh sesuatu yang baru. Hehe.

Didetik-detik terakhir akhirnya pilihan jatuh ke Tawangmangu, wisata alam disekitaran karanganyar, jawa tengah. FYI, udah lama ga kesini. Terakhir kesini 3 tahun lalu, mau lihat perubahannya. Moga-moga tambah bagus.

Okelah, perjalanan dimulai jam 09.00 WIB. Dengan mengendarai vario putiih, selepas menjemput nyonya disekitaran timur barat (ada yang protes, wkwkwk :mrgreen:)  Jogja. Cuaca kebetulan sangat mendukung, cerah berawan. Jadi ya ga begitu panas (tetep aja berkeringat).
Sebelumnya diperkirakan perjalanan selama 2 jam, tapi ternyata meleset jauh sodara :mrgreen:, perjalanan memakan waktu cukup lama. 4 jam oom, diluar ekspektasi (haiyah). Dan waktu 2 jam baru sampe Solo  :(.

Oiya, ati-ati kalo bawa motor. Lalu-lintasnya pamer susu (padat merayap, susul menyusul :mrgreen:).

Jogja-Solo didominasi truk sama bus-bus besar.

Jalanan mulus, tapi ada beberapa bagian yang aspalnya dikupas (kayaknya  mau di aspal baru), khususnya di jembatan oom.

Skip.. 

Lalu sampailah di kaki gunung Lawu, perjalanan menuju Tawangmangu, adem oom. Diatas ketinggian 800m dpl gituh. Suasananya ga jauh beda sama di kopeng. Bedanya disini medannya naik-turun, ga selandai di Kopeng.

Ga sia-sia perjalanannya, disini pemandangannya bagus oom. Sempat beberapakali berhenti buat sekedar menikmati pemandangan :). Dan yang jelas enak buat nikung-nikung. Tikungan Wonosari? Kalah jauh :mrgreen:. Beberapa kali setandar tengah sempat ngegores aspal 🙂

Dan akhirnya sampai di Tawangmangu 8)

Kalo mau ngakalin, biar ga kena retribusi, lurus aja oom. Tapi ati-ati, pastikan jalanan sepi. Hihi, kalo saya sih lewat jalur yang benar (belok kiri). Lagian murah kok, cuma seribu buat motor, mobil 5rebu, nah kalo bus 10rebuan.

Setelah bayar retribusi, lanjutin perjalanan sekitar 4km lagi. Ngikutin papan petunjuk jalan aja, kalo ga jelas bisa tanya warga sekitar :mrgreen:

Setelah 15 menitan berkendara, sampai juga di Tawangmang (dari tadi sampe, tapi kok ga sampe-sampe :devil:).

Nah, disini ada perubahan pertama, sejak terakhir kesini. Ada penitipan helm oom, jadi kalo yang bawa helm mahal ga perlu khawatir. Untuk jasa penitipan helm cuma dipungut Seribu rupiah aja oom, jaketnya bisa sekalian dititipin.

Kalo parkirannya cuma 2rebu aja oom (kalo dijogja bisa buat mobil tuh :mrgreen:), parkirannya rindang.

Hmm, tapi saya salah pilih tempat parkiran oom. Yang saya pilih agak jauh, padahal ada yang lebih deket (agak kebawah). Ah gapapa, sekalian olah raga ;). Lagian sejuk disini, ada juga lapak-lapak pedagang yang menawarkan oleh-oleh (beberapa cemilan, pakaian, dll)

Tapi kalo ga mau cape bisa naik kuda oom, disewakan seharga 25rebu, bisa ditawar lagi tuh 🙂

Nah, sekarang masuk ke tempat wisatanya oom, harga masuknya seharga 9rebu, tapi untuk wisatawan asing jadi 19rebu oom :mrgreen:

Dibawah ada air terjun Grojogan Sewu oom, tujuan utama saya datang kesini.

Hmm, cukup jauh juga lo, ada kok kalo setengah jam (lebay :mrgreen:) Harap siapkan fisik dan mental, Turunannya curam dibeberapa bagian, licin pula. Apalagi kalo pas musim hujan.

Dan akhirnya sampailah pada saat yang berbahagia. Sampe bawah, main air di grojogan sewu 🙂

Woa, sangat syahdu 😮

Setelah sekian lama, akhirnya kesini juga 😉

Kebetulan liburan, jadi ya ramai. Hmm, tadinya dikira sepi 😦

Cukup lama mainan air disini, ga kerasa udah jam 2 siang.

Nah, saatnya makan siang. Kalo ke Tawangmangu udah ke grojogan sewu, harusnya ya makan sate kelinci :mrgreen:

Ada banyak penjual sate kelinci disini, saya pilih yang paling deket sama air terjun.
Hmm, ternyata sate ayam sama sate kelinci ada bedanya toh. Daging kelinci lebih sedap, lebih gurih gitu 🙂

Klik aja oom, biar gede,nyahahaha  :mrgreen:. Sate kelinci asli Tawangmangu. Cocok buat makan siang, apalagi sambil menikmati indahnya air terjun+udara yang sangat sejuk :mrgreen:

Untuk seporsi sate kelinci ditawarkan seharga 10ribu rupiah, kalo ga mau sate kelinci ada juga sate ayam. Lebih murah oom, seharga 8ribu aja. Udah termasuk lontongnya 🙂

Hmm, si nyonyah masih mau nambah. Tapi malu :mrgreen:

Oiya, selain disini ada air terjun sama sate kelinci. Ada beberapa fasilitas baru oom, kayak arung jeram mini (buat anak-anak, maks 10 tahun), sama ada  flying fox, dan beberapa permainan outbond.

Semakin lengkap nih 🙂

Flying foxnya nyeberang sungai oom, kayaknya menyenangkan 🙂 .

Yah segitu dulu oom. Moga-moga bisa buat referensi kalo melancong kesini 🙂

Tetap sehat tetap semangat :mrgreen:

Iklan

32 thoughts on “Ke Tawangmangu, oom!

  1. Karanganyar sekarang makin banyak lokasi yang bisa dikunjungi mas, diantaranya nih:
    – Grojogan sewu kayak liputan diatas
    – Air terjun Jumog
    – Air terjun Parang Ijo
    – Bisa ke Agrowisata Amanah
    – Bisa ke kebon teh Ngargoyoso (include:candi-candi disekitarnya)
    – Bisa sampe ke puncak (kayak saran om warung DOHC), disana bisa foto2 dilokasi yang viewnya bagus, maem siomay kuah, ngopi, jagung bakar, dll
    – Mau turun gunung bisa ke Telaga Sarangan (hehe.kalo ini udah punya magetan)

  2. wah mantap bro.dulu pernah kesitu ama mantan pacar dulu thun 2008 (skr dah jadi istri)hehhe pengalaman waktu pacaran.smpet ditawari orang penginapan.heheh astagfirlloh masih kuat iman deh.sante kelincinya emang enak.salam kenal masbro.
    kapan-kapan pulang kejawa bisa asa schedule kesana.maklum istri asli sukoharjo

  3. lumayan, masi podium 😀

    Mantap tu jalannya… asik buat cornering… Btw dapet top speed berapa bro kalo boncengan ??? 95 ada ?

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s