Sate Ayam Podomoro


Selamat Siang Yogyakarta!

Yup, mumpung jam makan siang. Biar pada laper :mrgreen:

Kali ini maen-maen ke sate ayam podomoro. Sate ayam pertama yang bukan buatan orang madura, paling ga ya buat saya :mrgreen:

Ga jauh dari pusat kota, sekitaran malioboro juga. Dari perempatan gondomanan ke utara, ketemu perempatan hotel (lupa namanya)  masih ke utara sedikit nah tempatnya sebelahan sama toko stiker. 50m utaranya. Warungnya kecil ko, ga begitu gede.

Naah, disini ada 2 macem sate. Sate ayam kampung sama sate uritan (telur ayam muda). Kali ini bahas sate ayamnya yak 🙂

Sate ayam disini beda sama sate ayam kebanyakan. Sate dibakar cuma pake kecap berbumbu, tanpa bumbu kacang. Jadi tekstur dagingnya masih lebih kenyal dan manis meresap sempurna. Cara bakarnya mirip-mirip sama cara bakar sate kambing, ini salah satu ke unikannya

Tempatnya cukup bersih dan nyaman, bebas dari pengamen. Saya paling anti makan ditempat yang banyak pengamennya. Bikin ga nikmat 😦

Walopun tempatnya relatif kecil, kalo buat makan ber-30-an orang masih cukup kok.

Oiya, bisa make nasi ato lontong.. Kalopun mau lontong+nasipun juga ga masalah, wkwkwk (apa cukup perutnya).

Oiya, seporsi sate ayam cuma 13rebuan kok. Nah nasi/lontongnya cuma 2rebuan, kalo mau minum mulai 2rebuan sampe 4rebuan. Murah-meriah 🙂

Sayapun memesan sate ayam+lontong+es teh, sis Y juga (ikut-ikutan :devil:), dan akhirnya pesanan datang.

Rasanya bener-bener beda sama sate madura, bumbu kecapnya nusuk banget. Apalagi setelah dicampur bumbu kacang+bawang merah, makin sedap oom. Bumbu kacangnya sengaja dibuat kasar, jadi ga sehalus sate madura. Dan buat saya porsi lontongnya terlalu sedikit, ga pas.

Tapi gapapa, masih tertolong sama kelejatan daging berbumbu ini. Rasanya lidah ini ga mau nelen. Pengennya dikunyah-kunyah terus. Tuh, liat poto diatas. Bumbunya sampe meresap ke celah-celah terkecil (kok kaya kapilaritas air yak? :mrgreen:).

Secara keseuruhan, saya nyatakan sate podomoro merupakan sate non-madura yang tereenak (untuk saat ini)

Eh lupa, perhatiin tukang bakar satenya. Kostumnya sama loh, sejak puluhan tahun yang lalu. Pake blangkon+stelan hitam. Apa ya ga pernah ganti? :mrgreen:

Tak kasih bonus lagi oom, hihi

Jangan lupa olah raga 🙂

Iklan

10 thoughts on “Sate Ayam Podomoro

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s