Mie Ayam Santika


Selamat Malam Yogyakarta!

Waaa, jogja full hujan akhir-akhir ini..

Waktu yang tepat untuk makan mi ayam, hihi ๐Ÿ™‚

Jogja surganya pecinta makan-makan dan jajan-jajan lo.

Jadi kalo ke Jogja jangan cuma mampir ke Malioboro dan temen-temennya. Mampir juga di tempat-tempat jajanan jogja.

Setelah kemaren ngomongin dawet legendarisnya jogja, nah sekarang mari kita cicipi mi ayam santika, salah satu mi ayam legendaris jogja. FYI Mi Ayam Santika adalah salah satu mi ayam favorit saya ๐Ÿ™‚

Lokasinya dipusat kota kok, tepatnya didepan hotel santika. Jadi bukan mi ayam buatan hotel ssantika :p. Dari tugu jogja, ke arah barat sekitar 500 meter, ada disebelah selatan jalan. Hmm, ngerti toh!?

Terbayang kelezatannya :p

Disini ruame buanget, ย jadi jangan kaget kalo ga dapet tempat. Ya mau ga mau nunggu sambil berdiri, tapi ga lama kok (suangat lejat, jadi ngabisinnya pada cepet :)). Ada 2 tempat makannya, di tenda, sama dibelakang halte bus transjogja. Tapi kalo memang lagi penuh, bisa minjem tempat di angkringan di sebelah barat warung mi ini. Dengan konsekuensi harus beli minum diangkringan.

Dengan harga yang tergolong murah, cuma Rp. 6.000, kamu bisa makan mi ayam+pangsit basah-kering. FYI, pangsit basahnya buat sendiri loh, dijamin lejat+tanpa bahan pengawet. Didalamnya ada potongan daging ayam dan rempah-rempah pilihan (wkwkwk). Pangsit basah paling sedap dimakan setelah mi habis, jadi sambil nyeruput kuahnya, kita lahap pangsitnya ย ๐Ÿ™‚

mi ayam fullset

Oke, yuk kita cicip i mienya ๐Ÿ™‚

Dari teksturnya udah keliatan kalo ini mi bukan sembarang mi. Teksturnya bener-bener berkelas dan ga gampang medhok (apa ya bahasa indonesianya?). Jadi ketika terendam kuah, mienya tetep kenyal. Ga kayak mi kebanyakan yang semakin lama terendam semakin benyek. Sebaiknya kuah jangan terlalu banyak, biar bumbunya semakin terasa.

Hmm, yang ga kalah sedapnya ya itu, ayamnya. Potongan daging ayam di rendam dengan bumbu maha dahsyat. Bumbu menyatu dengan serat-serat daging menghasilkan cita rasa yang suangat lejat, paling pas dimakan dengan kuah+pangsit goreng. Tapi, Ops, ada nilai minusnya. Si ayam ga dipisah sama tulangnya, ga jarang harus misahin tulangnya dulu, biar makin enak dikunyah (walopun tulangnya tinggal serpihan, tetep aja bikin ga nyaman) ๐Ÿ™‚

Oiya, nikmati tetes-tetes kuahnya. Nikmati tiap inchi mienya. Karena porsinya tergolong mini buat perut “setandar” saya :p

Sebaiknya makan ditempat aja oom. Ga tau kenapa, kalo dibawa pulang rasanya ga seenak kalo makan ditempat.

Oh iya, mi ayam santika buka sejak jal 17.00 sampe abis. Jangan kesini malem minggu yak. Dijamin lama nunggu :mrgreen:. Kalo bawa mobil, mobilnya diparkir di utara jalan aja oom. Diselatan jalan ada halte transjogja ๐Ÿ™‚

Selamat Menikmati ๐Ÿ™‚

Nantikan artikel mi ayam yang lain :mrgreen: :p

Buang sampah ditempatnya ๐Ÿ™‚

Iklan

20 thoughts on “Mie Ayam Santika

  1. Whoaaa kie mi ayam cedhak omahku, seporsinya naik nih jadi 7k huhuhu
    Saingan ama Yamien Pak THoyonk (mi ayam jakarta yg jd satu ama pigura dkt gale itu tuh)
    Tapi kok ketoke mbandingke mi ama yamien kie beda kelas yow, ibarate mbandingke Truk Fuso mbik Angkot goyang pelat kuning huehuehue. Nice Blog gan :thumbs up
    Ane masih mempelajari tu cemana touring ke bali cm bs abis 500k ckckck semoga ane bs jd pengikut ckckck

  2. kayaknya bukan tugu ke barat mas….tapi tugu ke timur,,,selatan jalan, depan bank mandiri klo gak salah…

  3. ini sberang persis?ada nama warungnya ga ya?

    kmaren dulu udah pernah nyobain tapi masih bingung beneran yg dimaksud ama temen2 apa bukan ya..soale kalo ga salah dpan santika situ ga cuma 1 warung mie ayam e..

    1. depan agak ke timur, disampingnya persis halte transJogja.
      ga ada namanya tante, cuma warung kaki lima kok.
      dan kalo dibandingin, mie ayam yang ini selalu rame pengunjungnya.
      selamat berburu :mrgreen:

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s