Jogja-Prambanan cuma Rp. 3000


Selamat siang Yogyakarta!

Hah!? tigaribu? telongewu? threethousand? Sampe prambanan?

Laiya, murah toh!

Ini adalah backpacker pertama saya, tanpa vivi. Asik juga lo, cuma bawa tas ransel sama bawa badan, hihi.

Perjalanan kali ini ditemani 2 dayang-dayang wanita, yaitu sis Y dan sis O. Tanpa sis vivi.  Ahahaa, senangnya dalam hati, bila beristri dua :p

Jogja-Prambanan ga begitu jauh kok, cuma 15km. Kalo pake kendaraan pribadi ditempuh dalam waktu +- 1 jam.

Biar ga kepanasan, saya berangkat jam 07.30 WIB. Sebelumnya sarapan sama pamitan sama orang rumah (ga ada yang tanya! :p ).

Cari halte transjogja terdekat, hmm paling dekat di sekitaran jokteng kulon (depan bengkel variasi). Okelah, setelah sampe sana tanya-tanya sama mas-mas penjaga, dan ternyata untuk ke Prambanan bisa make jalur 3A, transit di halte transjogja di Bandara Adisucipto, ganti jalur 1A menuju prambanan.

Beli karcis dulu, murah kok. Cuma tigaribu untuk single trip.

Ga nunggu lama, bus 3A dateng. Cukup padat, tapi masih dapet tempat. Enak juga naek bus ini, adem+wangi. Oiya, jangan duduk dibelakang supir. Bikin mual, mungkin karena supirnya bau ga tau kenapa.

Jangan duduk disitu.

Skip..

Sampe halte bandara, nunggu 15 menitan. Bus 1A lumayan padat, kebanyakan isinya turis.

Opps, dapet kenalan turis dari Malaysia. Hihi.

Skip..

Sampai ditujuan, masih pagi. Sekitar jam 09.30 WIB, tapi belum sampai lo. Masih ada jarak 500m ke pintu masuk prambanan. Cukuplah, 15 menit jalan kaki. Tapi kalo ga mau cape bisa make becak ato andong.

Karena masih pagi, di parkiran belum begitu ramai. Cuma ada 1-2 bus. Hmm, asik. Serasa milik sendiri.

Skip..

Tiket masuk seharga Rp. 20.000, kalo terusan sekalian ke candi plaosan+ratu boko Rp. 30.000.

Oops, ternyata diluar dugaan. Di komplek candi prambanan ternyata sudah ramai. Banyak wisatawan yang berkunjung, wekk end gitu.

Paling enyak memang pagi, matahari belum begitu panas. Jadi bisa keliling-keliling dengan nyaman. Hmm, sayangnya beberapa candi masih dipagari, karena dampak gempa jogja 2008. Disini ga cuma candi loh, ada museumnya juga isinya arca-arca yang ditemukan disekitaran candi prambanan. Ga nyesel sampe sini (hihi, padahal udah berkali-kali).

Sedikit masukan buat pihak transjogja:

1. perhatikan jadwalnya, kalo bisa on time. lebih baik 🙂

2. beberapa armada tidak terawat, pintu ga bisa ditutup 😦

3. sudah bersih, pertahankan  dan tingkatkan 🙂

Hati-hati dijalan 🙂

Sedikit oleh-oleh:

Iklan

22 thoughts on “Jogja-Prambanan cuma Rp. 3000

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s