Cek tekanan banmu!


Selamat Siang Yogyakarta!

Jangan sepelekan tekanan ban, ga cuma bikin boros, tapi bisa bikin celaka.

Pernah kejadian, sodara bawa suzuki carry, asal nambah angin dipinggir jalan. Mungkin karena terlalu tinggi tekanannya, meletuslah bannya. Untungnya dibawa dikecepatan rendah, jadi masih bisa dikendalikan.

Banyak yang beranggapan kalo kurangnya tekanan angin bisa dilihat dari  bentuk ban, hmm kalo sepeda sih bisa. Kalo motor, apalagi mobil. Susah oom, untuk hasil yang terbaik bisa pake tire pressure gauge (alat ukur tekanan angin).

Sebenernya tiap tukang ban punya alat ini,  tapi banyak juga yang ga punya.

Nah lebih baik punya sendiri oom, selain lebih terjamin ukurannya, harganya murah.

Tire pressure gauge

Harganya berkisar Rp. 10.000-50.000. Bisa dibeli di toko sparepart terdekat.

Beberapa merk yang saya rekomendasikan:

1. Sellery 56.603

Bentuknya, seperti pensil, batangan gitu harganya Rp. 50.000-an

2. Krypton

Bentuknya serupa sama gambar diatas, yang ini lebih murah cuma Rp. 10.000-an

Dua merk itu pernah saya coba dan bandingkan dengan alat ukur yang biasa dipake di bengkel resmi honda.  Dan penyimpangannya cuma 0,5-1,0 psi. Maap ga difoto 😦

Oiya, ati-ati oom. Alat ini sensitif sama goncangan, jangan sampe kebanting dan setelah dipakai langsung direset. Biar pegasnya awet.

Semoga berguna 🙂

Ati-ati dijalan 🙂

 

 

Iklan

20 thoughts on “Cek tekanan banmu!

  1. Sori mas bro, rada oot… Biaya servis plus ganti oli Vario kalo di Ahass tuh berapa ya? Thx b4 😀

    1. untuk servis lengkap 30rebu, kalo olinya 28rebu. pake federal flick.
      servis ada yang agak murah, paket servis ringan cuma 25rebuan 🙂
      semoga membantu 🙂

  2. sipp.. kalau bisa 1 minggu sekali dicek. kalau kendaraan cuman buat rumah dan kantor sebulan 1x gpp. selain bikin bensin irit, tekanan angin yang pas juga mendukung kenyamanan.

  3. yes ketigax:D
    salam kenal ya om 😀
    motken pernah berkecapatan tinggi tapi ga tau kalo ban kempes, geal geol kek goyang inul deh 😀

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s