Perjalanan lintas propinsi (tribute to supir bus & truk)


Selamat siang Yogyakarta!

FYI, saya beberapa kali ke jawa timur bawa mobil sendiri (terpaksa, anggota keluarga yang lain pada ga bisa bawa mobil). Hmm, terhitung udah 6x bawa mobil lintas propinsi sejak SIM A ditangan :). Ada keasikan tersendiri, ada rasa saling menghargai dan menghormati antar pemakai jalan.

Ga kayak dikota-kota besar, jalan seenaknya, ga peduli sama pemakai jalan lain, langgar rambu, serobot trotoar,  tambahin sendiri yak. Banyak kalo saya sebutin semua 🙂

ilustrasi bus malam

(gambar dari mbah gugel)

Jalan malam itu menyenangkan loh, suasana sunyi, dingin, cuma ditemani truk dan bus antar kota. Pantura, dan jalan antar propinsi di daerah lain punya bahasanya sendiri. Kalo disini saya sebut dengan istilah bahasa jalanan.

Bahasa Jalanan adalah  norma tidak tertulis yang disepakati oleh para pengendara. Norma  hukum positif kalo dilanggar bisa kena sanksi/hukuman. Nah kalo bahasa jalanan (merupakan hukum adatnya pengemudi jalan lintas propinsi) , pelanggaran bisa berakibat pada kematian (baca: kecelakaan atau luka-luka).

Okelah mari dibahas 🙂

Tulisan saya karena beberapa kali jalan-jalan ke sini, ke sana, sama ke situ. Dan terinspirasi dari postingan  oom touring rider.

Perjalanan lintas propinsi malem-malem bikin capek lo, ga hanya fisik, tapi juga mental pengemudinya. Ga cuma itu, kesiapan kendaraan harus diperhatikan. Tak kira  ga lucu banget kalo sampe mogok ditengah hutan (alas roban ato alas mantingan misalnya). Kalo persiapan untuk lintas propinsi pastinya oom-oom semua udah pada apal yak.

Nah saya mau bahas isyarat yang biasa dilakukan pengendara truk, bus, dan kendaraan lain  di jalur lintas propinsi, lumayan buat pengetahuan. Biar siap lahap jalur lintas propinsi.

1. Sen kiri

(a)  biar kendaraan dibelakangnya  bisa mendahului, (b) mau belok kiri.

2. Sen kanan

(a) ga mau didahului (karena situasi ga memungkinkan, membahayakan), (b) mau belok kanan

Lampu sen kanan-kiri dihidupkan (hazard), lampu utama dimatikan, berhenti perlahan tapi tidak menepi (khusus truk)

Dilakukan saat kondisi  truk terjepit dan jalanan sempit, dimaksudkan agar kendaraan dari arah yang berlawanan tidak melakukan overtaking (OT).

over taking

gambar dari gugel

3. Dim 1-2x dari belakang.

Dilakukan karena kendaraan yang kita kendarai terlalu lambat atau terlalu ditengah, sebaiknya kita memberi jalan.

4.  Jangan mendahului dengan membunyikan klakson, cukup dim 1x

Ga tau aturan dari mana, selain brisik, pencet klakson bisa memcah konsentrasi lo. Setelah dikasih jalan, jangan lupa ucapin terimakasih dengan membunyikan klakson pendek.

Mungkin kalo ada yang kurang bisa ditambahkan 🙂

5. di dim dari arah yang berlawanan

Bisa untuk menyapa, bisa untuk mengingatkan. Kedipan dim bisa memberikan peringatan agar si pengemudi ga ngantuk. Kalo ngantuk di dim, biasanya seger+kaget.wkwkwk

Sedikit tips:

1. Pastikan ada jarak aman, minimal 3 detik dari kendaraan didepan kita.

2. Jangan berhenti disembarang tempat, mendingan didekat keramaian (rumah makan, pom bensin)

3. Siapkan nomer telpon penting 🙂

Semoga bermanfaat 🙂

 

 

Iklan

14 thoughts on “Perjalanan lintas propinsi (tribute to supir bus & truk)

  1. Tapi ati2.. malem hari banyak sopir bus ugal ugalan.. tidak mau ngalah.. kalo tanjakan paling sebal sama truk pasir..

  2. hati2 hewan nyebrang jalan mas..
    Luwak, trenggiling, celeng,.. Malem trus anjing, kucing, bebek,ayam,angsa,ular kalo sore kadang bikin kaget

  3. wkwkwk, si oom nongol juga 🙂
    liwat alas mantingan+alas roban tuh, mangstab jaya.
    apalagi kalo malam, sepi-sendiri.wkwkwkw
    =====
    komennya keluar kok, ndak masuk sepam :p

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s