Cek kampas kopling mobilmu!


Selamat Sore Yogyakarta!

Fuah, hari yang puanas untuk sebuah Yogyakarta.

Untuk kendaraan yang berjam terbang tinggi (wkwkwk, terbang), apa lagi mbeli sekenan. Kebanyakan ga tau riwayat kampas koplingnya. Kampas kopling itu termasuk slow moving, biasanya 3-4 tahunan baru ganti.

kampas kopling *nyomot gugel

Kalo kampas mobilnya habis, gejalanya gampang ย kok. Silakan mobilnya dikendarai, kalo injekan gas dalem tapi mobil ga lari, naaah waktunya digant i oom.

Saya punya sedikit tips buat memastikan keadaan kampas kopling mobil, masih bagus ato perlu diganti. Gampang aja kok, siapin dulu balok buat ganjel mobil.

Sebenernya, ganjel ga perlu selebai itu

Taruh mobilnya di tempat datar, terus mobilnya diganjel dulu. Masukin ke gigi-2, angkat kopling pelan-pelan. Nah, kalo setelah kopling dilepas teryata mesin mobil masih hidup , berarti minta ganti ๐Ÿ™‚

Setelah itu mampirlah kebengkel terdekat untuk mengganti koplingnya :p

Siapa bilang anak-anak ga perlu pake helm?

Iklan

31 thoughts on “Cek kampas kopling mobilmu!

  1. Om saya punya rush tahun 2008. Kemaren baru ganti kopling sebulan yang lalu .. nah keluhan saya saat injak gas dalam dalam baik itu gigi 2 -3 -4 -5 tarikan lambat dan agak mengaung .. mohon pencerahannya terimakasi

  2. om mau tanya dong,,
    kemarin xenia 1000cc saya baru ganti kanvas kopling di bantu montir,, pangilan posisi di bandung dan saya mau balik ke jakarta tapi setelah di ganti kok malah kecium bau hanggus padahal jarak tempuh nya belum jauh,karena terpaksa saya paksaain pulang aja pelan2,di jalan terdengar bunyi bunyi seperti benda beradu,kira-kira apa penyebab nya ya pak??

  3. kenapa ya aku pake avanza kopling baru 6 bln ganti trus ganti lagi eh..dh pake 1 thn minta ganti lg padahal kata bengkelny udah kopling yg asli

    1. kebiasaan gantung kopling om? kaki nempel dipedal kopling ketika mobil jalan?
      bisa juga karena trek harian nanjak dan sering bawa beban berat ๐Ÿ˜‰

    1. kalo geter ketika gigi satu bisa di salah satu komponen kopling om, mataharinya (diafragma). kalo ketika gigi lain busi mati juga bisa (mesin pincang.

  4. Mau motor atau mobil,,,gejala kampas kopling abis ya sama aja Om..
    MERAUNG BAGAI SINGA – BERJALAN BAGAI KURA…
    ha..ha..ha…

    1. Tapi jika satu set kopling baru ganti kira2 apanya yak om yg masalah ??? Mohon pencerahan para suhu maklum ane newbe

  5. blognyamitra
    =====================
    belum tentu mas, beberapa mobil ada yang bisa jalan (mesin tidak mati) meski persneling masuk ke gigi 2.
    ===========
    Bener mas mitra. nggone panther’ku yo ngono, gigi 2 masih ngacir tenaganya.. naik mobil diesel yang lain kira2 juga sama. gigi 3 wae start dari diam masih bisa ngacir kok. hehehe..
    salam.

  6. Nambahin bro…
    “Masukin ke gigi-2, angkat kopling pelan-pelan. Nah, kalo setelah kopling dilepas teryata mesin mobil masih hidup , berarti minta ganti”—> belum tentu mas, beberapa mobil ada yang bisa jalan (mesin tidak mati) meski persneling masuk ke gigi 2.
    Kalo saya cara ngeceknya…mobil di jalan datar, rem tangan diaktifkan, masukin gigi 1, RPM dinaikkan kemudian lepas kopling secara tiba2. Kalo mesin hidup berarti kampas kopling udah waktunya ganti.

    1. oom mitra: “beberapa mobil ada yang bisa jalan (mesin tidak mati) meski persneling masuk ke gigi 2.” Kondisi diganjel masih bisa idup oom? Fitur barukah?
      Makasih koreksinya ๐Ÿ™‚
      oom dimas: kayak ada yang ketahan yak?! ๐Ÿ™‚

    2. yupp setuju banget ama mas bro…..tapi jgn keseringan ngeceknya…ntar malah mudah aus…..di coba pas ada gejala aneh di kopling ajeee

  7. yah, memang begitu bro kalo mobil. Kalo kampas kopling habis, malah seperti ngopling terus ๐Ÿ˜ฆ

  8. pak deguh: ini juga bisa bro, makasih sharenya ๐Ÿ™‚
    #99: ga usah oom, cuma buat cek aja kok ๐Ÿ™‚

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s