Ganti oli transmisi vario, gampang kok!


Selamat Malam Yogykarta!

Oli transmisi (atau sering disebut oli gardan (masak pake gardan sih :lol: )) adalah oli yang terletak di sekitaran roda belakang, bertugas melumasi gear di bagian cvt.

Biasanya diganti setiap 2x ganti oli yaitu 8000 km (relatif kok, tiap 4000an juga boleh, terserah :twisted:)

Jangan sampe lupa, perannya vital loh :!:
Oh iya, di buku pedoman servis (biasanya dapet kalo pas beli motor baru) ga disebutin.
Mekanik ahass-pun kalo ga dikasih tau dia ga ngerti :shock:, harusnya dia ngasih peringatan gitu :shock:

Baiklah ( :mrgreen: ), mari kita lakukan..

Hmm, karena hemat adalah pangkal dari kaya, maka marilah kita berdoa bersama-sama lakukan dengan metode gembel.
Hemat beib :lol:

  • Siapkan olinya
    Saya pake federal oil. Belinya yang ukuran 0,8 L, seharga Rp. 28.ooo bisa untuk 5 kali ganti oli :twisted: .
    Daripada beli yang ukuran 120ml, seharga Rp 11.000 cuma untuk sekali pake :mrgreen: .
    Tapi ya dengan konsekuensi lebih ribet :twisted:

pinjem murnimotor.blogspot.com

  • Suntikan bekas
    Bekasnya dari suntikan tinta printer oom, udah ada ukurannya dalam mililiter :wink:, semacam usaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas, demi Bumi yang lebih baik :twisted: (inget postingan yang ini :razz:)

daripada ga kepake :wink:

Pertama-tama ( :lol: )
Lumatkan oli dalam adonan tepung terigu protein tinggi, bisa pake merk segitiga biru :lol:
Buka dulu baut pembuangan oli sekalian baut pengisiannya :wink:
Buka-nya pake toolkit standar aja kok oom :cool:

 dsc00906yang atas untuk ngisi, yang bawah untuk mbuang :cool:

Lalu..

Ganjel standardnya..
Biar oli yang dimasukkan enggak meleleh keluar (meleleh, wkwkwk :mrgreen: )

Bisa di ganjel pake balok kayu, kalo ga ya minta bantuan temen buat megangin :wink:
Bisa juga disenderin ke tembok :lol: (awas ke pentok sepionnya :lol: )

saya sih, pake balok :cool:

 Setelah itu, masukkin olinya oom!

Volume-nya 120 ml, karena suntikan bekasnya berukuran maksimal 20 ml, jadi ya di ulang sampe 6x :lol:

Hemat beb   :lol:

Kebetulan banyak limbahan suntikan, jadi ya…
Gunakan sajalaaaaah :twisted:

 barang bekas :mrgreen:

Oh iya, penggantian oli transmisi a.k.a. oli gardan sangat vital loh :!:
Jangan sampai lupa :!:

Kalo lupa, tanggung sendiri akibatnya :mrgreen:

Ini terjadi pada vario berjarak tempuh 60rebuan km, oli transmisi sampai kering :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Tuh, bantalan peluru-nya (halah :mrgreen: ) sampe pada rompal :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Bagian lain juga kena imbasnya :shock:

Gitu dulu oom, semoga berguna :twisted:

About these ads

47 thoughts on “Ganti oli transmisi vario, gampang kok!

  1. gan klu perawatan ban dalam motor vario CBS gimana,coz cepat bocor dan tipe ban dalam yang bagus merek apa

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s