Ganti oli transmisi vario, gampang kok!


Selamat Malam Yogykarta!

Oli transmisi (atau sering disebut oli gardan (masak pake gardan sih :lol: )) adalah oli yang terletak di sekitaran roda belakang, bertugas melumasi gear di bagian cvt.

Biasanya diganti setiap 2x ganti oli yaitu 8000 km (relatif kok, tiap 4000an juga boleh, terserah :twisted:)

Jangan sampe lupa, perannya vital loh :!:
Oh iya, di buku pedoman servis (biasanya dapet kalo pas beli motor baru) ga disebutin.
Mekanik ahass-pun kalo ga dikasih tau dia ga ngerti :shock:, harusnya dia ngasih peringatan gitu :shock:

Baiklah ( :mrgreen: ), mari kita lakukan..

Hmm, karena hemat adalah pangkal dari kaya, maka marilah kita berdoa bersama-sama lakukan dengan metode gembel.
Hemat beib :lol:

  • Siapkan olinya
    Saya pake federal oil. Belinya yang ukuran 0,8 L, seharga Rp. 28.ooo bisa untuk 5 kali ganti oli :twisted: .
    Daripada beli yang ukuran 120ml, seharga Rp 11.000 cuma untuk sekali pake :mrgreen: .
    Tapi ya dengan konsekuensi lebih ribet :twisted:

pinjem murnimotor.blogspot.com

  • Suntikan bekas
    Bekasnya dari suntikan tinta printer oom, udah ada ukurannya dalam mililiter :wink:, semacam usaha untuk memanfaatkan barang-barang bekas, demi Bumi yang lebih baik :twisted: (inget postingan yang ini :razz:)

daripada ga kepake :wink:

Pertama-tama ( :lol: )
Lumatkan oli dalam adonan tepung terigu protein tinggi, bisa pake merk segitiga biru :lol:
Buka dulu baut pembuangan oli sekalian baut pengisiannya :wink:
Buka-nya pake toolkit standar aja kok oom :cool:

 dsc00906yang atas untuk ngisi, yang bawah untuk mbuang :cool:

Lalu..

Ganjel standardnya..
Biar oli yang dimasukkan enggak meleleh keluar (meleleh, wkwkwk :mrgreen: )

Bisa di ganjel pake balok kayu, kalo ga ya minta bantuan temen buat megangin :wink:
Bisa juga disenderin ke tembok :lol: (awas ke pentok sepionnya :lol: )

saya sih, pake balok :cool:

 Setelah itu, masukkin olinya oom!

Volume-nya 120 ml, karena suntikan bekasnya berukuran maksimal 20 ml, jadi ya di ulang sampe 6x :lol:

Hemat beb   :lol:

Kebetulan banyak limbahan suntikan, jadi ya…
Gunakan sajalaaaaah :twisted:

 barang bekas :mrgreen:

Oh iya, penggantian oli transmisi a.k.a. oli gardan sangat vital loh :!:
Jangan sampai lupa :!:

Kalo lupa, tanggung sendiri akibatnya :mrgreen:

Ini terjadi pada vario berjarak tempuh 60rebuan km, oli transmisi sampai kering :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Tuh, bantalan peluru-nya (halah :mrgreen: ) sampe pada rompal :shock:

pinjem forum.otomotifnet.com, user: kang_bejo 

Bagian lain juga kena imbasnya :shock:

Gitu dulu oom, semoga berguna :twisted:

About these ads

46 gagasan untuk “Ganti oli transmisi vario, gampang kok!

    • kalau sudah dol ya ditambah daging ke tukang bubut, bikin ulir baru :razz:
      kalau belum parah-parah banget, bisa dipakein isolasi plastik yang buat kran air itu loh :cool:

  1. Sekedar informasi buat MINYAK PELUMAS RODA GIGI DAN TRANSMISI SAE Grade 90/140

    Minyak pelumas roda gigi tertutup utk kendaraan, sgt cocok utk digunakan pd kondisi berat dan kecepatan tinggi. Seperti umum mengetahui pd saat mula kendaraan dijalankan, minyak pelumas roda gigi standar/ biasa, akan mudah menyibak kesamping roda gigi sehingga minyak tak sepenuhnya melapisi/ melumasi rida gigi sebagaimana diharapkan; menyebabkan cepat terjadi keausan. Dgn menggunakan sae 90/140, bila kendaraan mulai bergerak, maka minyak pelumas sae 90/140 mempunyai kecenderungan utk mengikuti gaya/ tenaga sentrifugal dan lgs melapisi permukaan roda gigi, krn sifat kohesi dan adhesinya yg sgt kuat memberikan pelumasan positif sejak awal kendaraan berjalan. Sae 90/140 tdk mengandung aditive (zat tambahan) yg dpt menyebabkan pelumas menjadi asam shg dlm prakteknya, sae 90/140 ini benar” diarahkan utk meningkatkan daya lumas guna melindungi mesin” gearbox.

    PEMAKAIAN TIPIKAL
    - SAE 90/140 direkomendasikan utk semua jenis gearbox dan mampu berfungsi secara optimal
    - SAE 90/140 dianjurkan pula oleh para ahli utk digunakan pd kebutuhan perkapalan (Marine Use), krn kemampuan ketahanannya terhadap air
    - SAE 90/140 dpt juga digunakan pd roda gigi hypoid kendaraan, spur atau bevel gear dan semua roda gigi yg membutuhkan pelumasan EP
    - SAE 90/140 tdk merusak roda gigi yg terbuat dari bahan “Bronze”. Memenuhi standar US MIL-L-2105C

    KEUNGGULAN DAN KEUNTUNGAN
    - SAE 90/140 lulus uji coba utk tekanan ekstrim (EP) dan melampaui uji coba TIMKEN E.P. utk beban sebesar 75 pounds
    - Keunikan dr campuran additive ini membuat SAE 90/140 dpt memberi kekuatan kepekatan kekentalan yg superior pd permukaan roda gigi, yg tinggal pd posisi dan menawarkan perlindungan tak tertembus/ menyeluruh (unsurpassed) terhadap kontaminasi dlm keadaan mesin beroperasi ekstrim
    - Keseimbangan yg baik dr susunan kimiawi SAE 90/140 jauh melebihi spesifikasi tingkat GL-5

    Satu jenis minyak pelumas roda gigi (gearbox) serba guna tlh dihasilkan oleh SAE 90/140 yaitu: SAE 90/140 dan digunakan secara luas utk melumasi roda gigi pada power – transmision, final-drive maupun gearbox – differential mesin” industri dan kendaraan

    KARAKTERISTIK TIPIKAL ASTM TEST RESULT

    SAE Grade 90 140
    Viscosity
    @ 40 drjt C, cSt D-445 211.1 610
    @ 100 drjt C, cSt D-445 19.44 37.5
    Viscosity Index D-2270 105 103
    Gravity, drjt API D-1298 24.5 24.6
    Flash Point, COC, drjt C D-92 193 193
    Pour Point, COC, drjt C D-97 – 21 – 21
    Copper Corrosion Rating D-130 1.0 1.0
    Sulfated Ash, % wt D-248 0.95 0.95
    Color D-1500 Red Red

    Lubricant research & Development I 180 West Avenue San Mateo, California 944402 U.S.A. I 1-6-1-1007, Kaigan Minato-Ku, Tokyo 105 JAPAN

    Sekian dan terima kasih gan kl yg memang mau pakai oli 90/140

  2. nah itulah yg baru saya sadari, transmisinya terasa gretek2 gitu setelah 11rb km. buku petunjuk udah saya baca berkali2. hanya menemukna tulisan pada spek beat, “oli transmisi” nah apaan nih bingung saya, secara di ahass pun ga dicek. setelah berenang2 ke berbagai blog ketemulah dimana letak lobang olinya hahaha. wah pabrikan pengen konsumen motornya cepat rusak nih iar bisa jualan motor terus. kalo motor awet, pabrik rugi dong hahaha

  3. Oom nimbrung nih,
    Untuk tranmisi vario, mulai beberapa bulan lalu saya pake oli cap kerang G80 80W GL-4 yang 60ribu /liter. Saya pikir lebih murah, karena bisa 8x ganti oli (selisih 28.000 (dari 88.000-60.000)).
    Umumnya oli tranmisi kan menggunakan oli kental, kalau dari penjelasan orang orang yang saya tanya dari bengkel atau manapun, karena fungsi oli tranmisi itu hanya untuk sekedar melumasi saja dan putaran gardan gear itu rendah dan tidak sepanas mesin.
    Kalau dipikir pikir apabila menggunakan oli yang lebih encer (misal 20W50 / 15W50 / 15W40 ) mungkin saja malah lebih baik dibanding 80W, dengan asumsi kalau semakin kental maka pelumasan lebih lambat juga pengisian ruang (seperti oli mesin kental pada mesin lama dengan oli mesin encer pada mesin baru).
    Pada penggantian berikutnya saya berencana menggunakan cap kerang HX-3 20W-50 karena lebih murah yaitu Rp 29000/liter, namun lebih encer.
    Terus saya pengen tanya, adakah perubahan dalam performa maupun keawetan saat menggunakan oli yang lebih encer?
    Barangkali berguna banget :D

    • hmm, sayang sekali oom.
      saya belum pernah coba oli kental, mungkin karena salah kaprah mengenai oli transmisi (atau oli gardan, bahasa bengkel) sepeda motor dengan oli gardan pada mobil.

      “..dan putaran gardan gear itu rendah dan tidak sepanas mesin..”

      memang ga sepanas mesin, tapi putaran transmisi di dalam gear box cvt mengikuti putaran mesin loh.

      logikanya..
      semakin cepat putaran mesin, semakin cepat pula roda berputar :wink:

      nah, kalo pakai oli kental, bukan ga mungkin celah-celah pada bagian yang berputar cepat (bahkan sangat cepat) tidak terlumasi.
      kan oli encer dimaksudkan supaya bagian-bagian yang tersempit-pun bisa terlumasi (biasanya pada kecepatan tinggi ) :wink:

      semoga poinya dapet :razz:
      mari berdiskusi :wink:

  4. gan2..mau tnya…itu ukuran bautnya brp gan? 12 atau 11? soalnya ane pkai kunci yg ukuran 12 kok mlah tmbah bulet tu baut gan…
    trims infonya…:D

  5. Om nimbrung, kalau pake sisa oli mesin gak apa2, dulu waktu belum ada oli gear box buat matik to pake oli mesin, oleh pabrik setelah dikalkulasi 120 cc oli seharga setengah liter adalah lebih menguntungkan, maka disarankan untuk pake oli special transmisi.. ingat pada motor bebek dll oli mesin digunakan melumasi gear dan kampas kopling seher dll juga tidak apa2, oli mesin berfungsi dan oli gear.. jadi jangan termakan iklan.. hemat beli 1 liter 800 ml buat mesin, 20o buat oli transmisi.

  6. Lah,gardan itu cuma istilah bengkel om..
    Aslinya ya cuma gearbox pasif,ga ada diferensialnya..
    Lagian kalo pake oli super kentel,bikin berat nariknya :wink:
    The choice is yours (halah :mr green: )

    • Ma’af sblmnya, tp di bpr (buku pedoman reparasi) honda vario yg sy punya oli yg di anjurkan: federal oil superior formulation atau oli mesin 4 tak sejenis dengan klasifikasi API servicce SG.
      Viskosikositas :SAE 10W-30

      • Ya,kebetulan di oli bawaan diler (120ml) isinya sama kayak oli mesim kok..
        Cuma bungkusnya aja yang cakep :mrgreen:

        • Betul, setuju om, cuma beda kemasannya, malah kl melihat speknya lebih bagus dari yg di anjurkan (di buku api servisnya masih sg, sedang oli mesin yg di pakai sudah SJ)

            • sekedar sharing, mungkin berguna. klo mau ganti filter udara vario, cukup buka/copot baut bawah shockbreaker belakang, jangan lupa, standar tengah dulu

Ngomong dong, ngomong!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s